Zero Motorcycles

Zero Motorcycles, merek sebuah sepeda motor listrik akhirnya resmi masuk Tanah Air. Bahkan PT Garansindo Technologies, selaku Authorized General Distributor untuk Zero Motorcycles di Indonesia, kini mendatangkan beberapa unit varian motor listrik Zero Motorcycles, antara lain; Zero FX, Zero DS, Zero MX Military, Zero S dan versi polisi. Seluruh varian ini telah melalui proses uji coba di jalan raya oleh internal PT Garansindo Technologies dan selanjutnya akan digunakan untuk proses homologasi.

Kehadiran PT Garansindo Technologies diperkuat dengan keberadaan para pimpinannya yang tak asing lagi di dunia bisnis otomotif, yakni Satya Saptaputra selaku Chief Executive Officer, dan Dhani Yahya, selaku Managing Director Zero Motorcycles di Indonesia. Mereka berdua diharapkan akan memberikan daya gedor penjualan motor listrik tersebut dengan target sudah melakukan penjualan di Februari 2021, namun bisa dipesan mulai Januari 2021.

Inphotographer.com beserta awak media otomotif lainnya mendapatkan kesempatan test ride varian motor listrik Zero tersebut dengan menjalani rute dari Kemang Utara, masuk ke Kemang Selatan, Pangeran Antasari Cipete, Blok M, Bunderan Senayan, Pakubuwono, Asia Afrika dan masuk Gelora Bung Karno (GBK) Senayan.
Perjalanan ditutup dengan kembali ke daerah Kemang Utara, namun sebelumnya menyempatkan makan siang bersama di kawasan Pondok Indah Mal. Kegiatan media test-ride yang dilaksanakan pada 17 December 2020 dilakukan untuk menguji performa, kelincahan serta efisiensi dari Z-FORCE® Motor dengan power-pack Z-FORCE® Li-lon Intelligent modular.

READ  Spesifikasi Dan Harga Jupiter Mx

Autocar memilih menggunakan Zero SR. Penampilannya cukup maskulin dengan desain dan postur bodi mirip Kawasaki Ninja Z250. Zero SR memiliki sosok lebih padat. Posisi duduknya tidak terlalu membungkuk, sehingga cocok digunakan touring keluar kota, dengan kemampuan baterainya sanggup menempuh hingga 200 km lebih, tergantung cara Anda mengendarainya.

Saat berkendara, orang sekitar penasaran pada saat motor-motor Zero adalah tanpa suara layaknya sebuah motor biasanya. Hening, mungkin itulah kalimat yang tepat untuk motor ini, meluncur di kemacetan lalulintas tanpa menimbulkan suara dan membuat orang sekitar kebingungan. Inilah sebuah motor yang hadir tanpa polusi suara maupun udara.

Zero Motorcycle yang masuk dalam kategori motor besar memiliki desain proporsional dengan curb-weight yang cukup ringan sehingga memudahkan pengendara melakukan manuver dalam kondisi lalu-lintas yang padat. Motor dapat dikendalikan dengan baik saat di dalam kota ataupun berkendara jarak-jauh sekalipun.
Yang cukup unik, bagian tangki motor berubah fungsi menjadi tempat penyimpanan barang dengan ukuran sedang. Anda dapat menyimpan barang seperti dompet, kacamata, hingga handphone. Sedangkan bagian bawah tangki motor diisi baterai dan motor penggerak yang dibuat tertutup.

READ  Yamaha Resmi Luncurkan Yamaha All New NMAX 155

Motor penggerak Z-Force® dikembangkan Zero Motorcycle yang dioptimalkan untuk efisiensi, daya tahan kuat dan ukuran tidak terlalu besar. Desainnya menggunakan tambahan model sirip dari alumunium yang berfungsi sebagai pendingin, sehingga tidak perlu tambahan sistem pendingin seperti menggunakan kipas maupun berupa pendingin cair.

Karakter dari mesin listrik yang memiliki torsi besar, terasa disaat akselerasi. Waktu tempuh 0-100 km/jam mampu diraih dalam waktu kurang dari 3.3 detik untuk Zero SR. “Zero Motorcycles kami tujukan untuk penggemar motor besar yang memiliki performa dan teknologi terbaik. Sensasi berkendara yang dihadirkan menyatu dengan ramah lingkungan merupakan nilai jual utama Zero Motorcycles,” ungkap Satya Saptaputra.

Inphotographer merasakan sendiri bagaimana karakter motor Zero SR yang memiliki akselerasi cepat dibarengi sistem rem pakem. Terdapat 3 pilihan setting berkendara; ECO, Sports, dan Custom. Khusus untuk Custom, Anda dapat melakukan koneksi dengan handphone android dengan mengunduh dahulu program Zero Motorcycles. Selanjutnya men-setting motor Zero sesuai keinginan Anda. Menggunakan koneksi Bluetooth perangkat mobile iPhone dan Android, pengendara dapat menyesuaikan akselerasi, top speed, dan pengereman regeneratif untuk spesifikasi tepat bagi mereka.

READ  Viar Star NX

Zero SR First Ridw

Unit Zero Motorcycles yang kini hadir hanyalah digunakan untuk melalui proses uji coba, sedangkan unit yang akan diluncurkan serta dijual ke konsumen adalah model tahun 2015 yang telah melalui penyempurnaan dengan menggunakan suspensi Showa, sistem pengereman Anti-lock Brake System (ABS), serta peningkatan kapasitas baterai yang semula 11,4 kWh ditingkatkan menjadi 12,5 kWh. Penyempurnaan ini untuk memberikan perlindungan lebih terhadap pengendara serta meningkatkan kelincahan Zero Motorcycles.

Data Fakta

Rentang harga

Ex-showroom price Rp 390 Juta

Mesin

Bahan Bakar Z-Force® Li-Ion intelligent.
Instalasi Z-Force® 75-7 passively air-cooled, high efficiency, radial flux, permanent high-temp magnet, brushless motor.
Tipe High efficiency, 660 amp, 3-phase brushless controller with regenerat

Transmisi

Tipe Clutchless direct drive

Chassis

Velg 110/70-17 (depan)
Ban 140/70-17 (belakang)

Rem

Depan Bosch Gen 9 ABS, J-Juan asymmetric dual piston floating caliper, 320 x 5 mm disc
Belakang Bosch Gen 9 ABS, J-Juan single piston floating caliper, 240 x 4.5 mm disc
Tags: