Tips Menjaga Kompon Ban Agar Awet

Ban merupakan salahsatu komponen penting pada motor. Untuk menjaga kompon ban motor anda tetap awet saya akan memberikan tips menjaga kompon ban agar awet. Keausan kompon ban bisa kita lihat pada segitiga dinding ban, selain dengan cara itu bisa juga kita tes dengan cara ban kita tekan dengan kuku atau benda lain. Jika ditekan dengan kuku ban sudah tidak membekas itu artinya kompon ban sudah mulai keras.

Untuk menjaga daya tahan kompon ketika motor tidak dipakai lama. Salah satu caranya adalah berikan alas kayu atau sejenisnya ke permukaan ban agar tidak langsung bersentuhan dengan lantai. Karena jika bersentuhan langsung, dikhawatirkan terjadi pengurangan kompon ban di satu sisi. Ketika ban bersentuhan dengan lantai, suhu lantai akan membuat perubahan pada ban itu. sehingga dapat terjadi perubahan struktur kompon.

Sama halnya jika terkena efek sinar ultraviolet secara langsung. Maka di bagian yang tidak terkena sinar ultraviolet, suhu akan lain dengan permukaan ban yang tersinari. Semoga tips menjaga kompon ban agar awet ini dapat berguna bagi para biker di Indonesia.

READ  Prospek Cerah Bisnis Toko Variasi Sepeda Motor
Tags: