Tips Agar Cat Helm Awet dengan Perawatan yang Baik dan Benar

Helm merupakan barang yang senantiasa dijaga dan dirawat keberadaannya sebagai penunjang produk otomotif terutama motor. Pada dasarnya helm digunakan untuk kebutuhan keselamatan, namun tak jarang pula ada beberapa kalangan yang masih mengabaikan perawatan tentang helm. Berikut akan dibahas Tips Agar Cat Helm Awet dengan perawatan yang baik dan benar sesuai aturan yang berlaku.

1. Jepit helm di jok motor belakang
Masih sering dijumpai oleh sebagian besar kalangan saat akan melampirkan helm. Banyak dari mereka yang asal menaruh helm di kaca spion motor. Padahal perlakuan tersebut kurang baik demi menjaga kualitas helm kedepannya. Sehingga Anda lebih baik menjepit helm di jok motor bagian belakang. Selain lebih aman dan praktis, hal ini juga membuat cat helm lebih awet dibandingkan penggunaan yang salah.

2. Gunakan saat kondisi kepala kering
Bagi para wanita yang sering terburu-buru keluar rumah dengan kondisi rambut basah, mungkin ada baiknya untuk mengurangi kebiasaan tersebut. Anda dapat mengeringkan rambut terlebih dahulu sebelum penggunaan helm, pasalnya hal ini merupakan kunci utama dalam Tips Agar Cat Helm Awet agar tidak terlalu lembab saat ditelusuri keadaan di dalam helm tersebut.

See also  Kredit Motor Scoopy Dp 1.5 Juta

3. Jika terpaksa gunakan penutup kepala
Jika terpaksa untuk pergi secara terburu-buru, Anda dapat menggunakan penutup kepala sebagai salah satu alternatif agar helm tidak batas. Mencegah lebih baik daripada mengobati, hal ini menjadi salah satu pedoman ketika Anda menggunakan helm dengan keadaan rambut kepala yang sedang basah. Oleh karenanya perlu diperbaiki kebiasaan kecil yang dampaknya jangka panjang.

4. Jangan malas membersihkan kaca helm
Kaca helm penting untuk keselamatan berkendara, hal inilah yang membuat Anda harus tetap berhati-hati dalam penggunaan serta perawatan motor yang baik dan benar. Jika Anda sempat untuk melaksanakan perawatan helm. Lebih baik fokus utama terletak pada kebersihan kaca helm yang ada. Anda tak perlu riskan apabila tidak dapat membersihkannya, cukup bersihkan dengan lap kanebo dan air sabun mengalir.

5. Membersihkan helm dengan strategi khusus
Pada faktanya membersihkan helm tak dapat asal-asalan. Anda perlu mengetahui strategi yang penting dan tepat dalam pembersihan yang baik untuk proses jangka panjang. Berbicara mengenai pembersihan helm, terdapat strategi khusus yang dapat dimaksimalkan untuk membuat helm lebih bersih dan elegan. Anda tak perlu risau, sebab pada era sekarang banyak jasa pembersihan helm dengan kualitas yang baik dan terjangkau.

See also  Penampilan Motor Lebih Gaya dan Modern?

6. Rendam helm sesuai kebutuhan
Helm terlalu kering juga tidak bagus untuk disimpan dalam pemakaian jangka penjang. Dalam hal ini, sesekali Anda perlu untuk merendam beberapa saat helm demi menjaga kelembapan suhu udara yang baik dan benar. Sebab apabila helm terlalu kering dan berdebu, justru akan membuat Anda kurang nyaman dalam berkendara. Seperti yang telah dijelaskan dalam poin awalan Tips Agar Cat Helm Awet.

7. Simpan dalam keadaan terbalik
Terdengar seperti klise, namun pada dasarnya helm lebih baik disimpan dalam keadaan terbalik. Hal ini agar memudahkan pengguna dalam membersihkan sesuai dengan posisi dan arah melingkar. Jika helm tidak disimpan dalam keadaan terbalik, mungkin berisiko akan mempersulit dalam tahap pembersihan. Oleh karena itu, penting adanya pembersihan yang baik dan benar sesuai dengan aturan yang berlaku.

8. Semprotkan parfum rendah alkohol
Menyemprotkan parfum rendah alkohol menjadi alternatif pilihan dan baik untuk dilakukan secara tekun. Pasalnya masih sering dijumpai pada aktivitas tertentu, bahwa helm yang jarang dibersihkan serta tidak disemprot dengan pewangi memiliki bau yang cukup menyengat. Jangan sampai Anda menjadi orang yang pemalas dalam melaksanakan penyemprotan parfum, sebab akan berdampak buruk untuk jangka panjang kedepannya.

See also  Merawat Mesin Motor

9. Tak perlu saling pinjam-meminjam
Poin terakhir dalam Tips Agar Cat Helm Awet yakni tidak perlu melaksanakan pinjam-meminjam. Maksudnya, Anda tidak perlu terlalu terbuka dengan orang lain untuk urusan peminjaman motor. Cukup Anda gunakan helm sebagai sarana personal dan privasi. Sebab kedepannya Anda akan dihadapkan dengan berbagai resiko mendalam apabila terdapat penyakit menular yang dapat ditularkan dari penggunaan helm itu sendiri.

Tags:,