RKG-72, Motor Hasil Desain Ridwan Kamil yang Kece Abis

Beberapa waktu yang lalu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melakukan kunjungan kerja ke pabrik motor listrik Gesits di Bogor. Kunjungan yang awalnya hanya ditujukan untuk memantau produk, berubah menjadi ajang diskusi produk sepeda motor terbaru. Disana, Ridwan Kamil terinspirasi untuk membuat motor listrik yang desainnya kece abis.

Gubernur Jawa Barat itu langsung meminta secarik kertas dan mulai menggambar. Tidak sulit karena beliau memang lulusan teknik arsitektur yang jago menggambar. Dalam waktu yang tidak lama, desain motor listrik baru yang mengadopsi gaya Bobber sudah tercipta dan memungkinkan untuk diproduksi secara massal.

Sepeda Motor yang di desain oleh Kang Emil ini diberi nama RKG-72. RKG merupakan singkatan dari Ridwan Kamil Gesits. Nama ini diambil karena Ridwan Kamil membuat sepeda ini berkolaborasi dengan pabrik sepeda motor Gesits. Kemudian angka 72 diambil dari baterai 72 volts per 100 km yang akan digunakan pada sepeda motor.

Sepeda motor ini digadang-gadang mampu mencapai kecepatan 102 kilometer per jam dengan tenaga 10kW serta torsi 50 Nm (maksimal). Tidak perlu heran karena sepeda listrik memang memiliki torsi yang besar.

See also  All-new Honda CBR250R Diluncurkan

Dari segi desain, sepeda motor desain Ridwan Kamil ini sangat keren karena mempunyai desain baterai yang mirip dengan mesin boxer milik BMW. Sepeda motor ini juga mempunyai single seater, namun tetap bisa ditambahkan jok di belakang jika ingin berboncengan.

Untuk sebuah desain sepeda motor dengan waktu singkat, RKG-72 ini cukup lengkap dan sangat siap untuk di produksi masal. Ridwan Kamil juga berharap jika sepeda motor hasil desainnya bisa disukai oleh masyarakat dan digunakan karena sepeda motor ini ramah lingkungan dan mempunyai desain yang kece.

Masyarakat yang melihat kabar inipun memberikan komentar yang beragam, banyak diantaranya senang karena akan bisa menggunakan sepeda motor merek lokal yang ramah lingkungan. banyak juga yang mendoakan agar proyek ini terus berlanjut dan tidak bernasib sama dengan desain-desain kendaraan listrik sebelumnya yang banyak mangkrak. Beberapa juga berkomentar lucu seperti menyayangkan desainnya yang besar sehingga mereka tidak bisa membawa galon saat mengendarai motor tersebut.

Mengenal Sepeda Motor Listrik

See also  Ducati 1199 Superleggera Hanya Untuk 500 Orang Saja

Sepeda motor listrik merupakan kendaraan bermotor roda dua yang tidak menggunakan minyak sebagai bahan bakarnya. Kendaraan ini digerakkan oleh dinamo dan akumulator. Sepeda motor ini mulai dibuat secara masal atas respon isu global warming dan kelangkaan bahan bakar minyak yang semakin parah. Dengan tidak menggunakan minyak sebagai bahan bakar, sepeda motor listrik dinilai lebih ramah lingkungan.

Secara umum, sumber tenaga dari sepeda motor listrik adalah akumulator dan dinamo. Namun pada perkembangannya, beberapa sepeda motor menggunakan sumber tenaga lain seperti Fuel Cell Hidrogen, baterai dan masih banyak lagi. Banyak perusahaan dan ahli yang meneliti sumber tenaga yang paling cocok untuk sepeda motor listrik.

Cara kerja sepeda motor ini sebenarnya sama dengan cara kerja sepeda motor pada umumnya karena tetap menggunakan mesin bermotor. Yang berbeda hanyalah pada sumber tenaga yang membuat mesin motor itu bergerak, sepeda motor biasa menggunakan bahan bakar (bensin) dan sepeda motor listrik menggunakan baterai atau fuel cell yang berbentuk listrik.

See also  Kredit Motor Saja!

Saat ini, di Indonesia telah ada beberapa sepeda motor listrik yang dipasarkan. Yang paling baru sudah mampu menempuh jarak 80 km per jam dengan hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp 900 saja, untuk jalanan yang naik, sepeda motor ini mampu menanjak dengan sudut kemiringan maksimal 30 jam. Sepeda motor listrik boleh dan bisa terkena air, yang penting adalah dinamo tidak teru menerus tergenang air.

Meskipun belum banyak dikenal, sepeda motor listrik ini diharapkan bisa menjadi jawaban atas kelangkaan BBM dan kerusakan lingkungan karena asap kendaraan bermotor.

Nah itulah tadi artikel lengkap tentang sepeda motor listrik dan desain sepeda motor listrik yang dibuat oleh Ridwan Kamil. Semoga sepeda motor tersebut dapat segera diproduksi secara masal agar masyarakat segera bisa menikmati hasil karya anak bangsa yang ramah lingkungan. semoga bermanfaat!

Tags: