Prospek Cerah Bisnis Toko Variasi Sepeda Motor

Toko variasi sepeda motor ternyata telah menjadi segmen bisnis tersendiri yang mempunyai prospek cerah. Sepeda motor bukan lagi hanya terbatas pada fungsi alat transportasi saja, namun sepeda motor juga menjadi identitas pribadi seseorang yang patut dibanggakan. Sehingga minat untuk mempercantik sepeda motor pun menjadi suatu hobby.

Motor Mania

Tumbuhnya kelompok-kelombok sepeda motor mania atau para biker yang tumbuh di berbagai kota merupakan suatu fenomena yang baik buat berbisnis. Kelompok tersebut sekaligus merupakan ajang komunikasi dan berorganisasi bagi anggotanya. Kelompok bikers itu biasanya berdasarkan jenis sepeda motor tertentu, misalnya Biker Yamaha Vixion, Biker Honda Tiger, Biker Yamaha Mio, Biker Honda CB, Biker Kawazaki Ninja , Biker Vespa dan lain sebagainya.

Dari adanya kelompok/ club biker itu biasanya muncul berbagai ide untuk melakukan modifikasi sepeda motor mereka agar lebih cantik dan keren. Dari sinilah club-club itu biasanya melakukan kerja sama dengan toko variasi sepeda motor tertentu untuk menjadi pelanggan dan mendapatkan harga murah.

READ  Recall Honda CRF250 Rally

Paham Apa Maunya Bikers

Dalam kondisi seperti ini tentu saja toko variasi sepeda motor harus selaluup-to-date untuk mengikuti mode dan trend pasar. Untuk keperluan sepeda motor tertentu, misalnya Honda Tiger biasanya modifikasi dilakukan pada stang kemudi yang mempunyai model sport dan lebar. Kemudian aksesoris variasi bak bagasi yang dilengkapi dengan lampu warna-warni dan sirine. Karena Honda Tiger ini sering terlihat dipakai untuk touring kawula muda menyusuri berbagai kota yang padat lalu lintasnya.

Shock breaker yang keren dan empuk pun mesti tersedia untuk Honda Tiger. Ditambah spadboard depan dengan sentuhan garis tipis dipinggirnya akan semakin membuat menarik Honda Tiger tersebut. Rata-rata penggemar Honda Tiger menginginkan tampilan sepeda motornya mirip dengan sepeda motor besar. Sehingga roda depan dan belakang pun menjadi sasaran modifikasi untuk memenuhi hasrat bikersnya.

Toko varisai sepeda motor umumnya tidak sekadar menjual aksesoris atau pun suku cadangnya saja, tetapi para pemilik toko juga menyediakan jasa pasang. Bahkan, bagi pemilik toko variasi yang jeli dan cerdas melihat peluang bisnis ini mereka menyiadakan layanan jasa konsultasi variasi sepeda motor.

READ  Oli Motor Palsu Untuk Honda Vario 125? Awas, Ini Bahayanya Lho!

Hal ini dilakukan agar pelanggan tertarik untuk terus melakukan modifikasi dan tidak salah pemakaian. Terkadang bagi biker pemula atau biker yang secara mandiri melakukan modifikasi namun hasilnya justru menjadi norak dan sepeda motor menjadi tidak nyaman dikendarai.

Barang-Barang yang Dijual

Barang-barang yang dijual di toko variasi adalah mulai dari tutup pentil ban dari alumunium yang dibentuk dengan kontur menarik dan berbagai warna, stiker temple untuk memberi perlindungan kotoran dan sekaligus mempercantik, ban sepeda motor modis, pelek roda, kaca pelindung, spion, lampu-lampu, sirine, disk break, suspensi, shock breaker, stang kemudi, knalpot, bagasi dan masih banyak lagi.

Bagi para biker yang doyan melakukan modifikasi agar tampak keren sepeda motornya memang harus menyediakan dana yang tidak sedikit. Akan tetapi kepuasan memang harus dibayar dengan dana yang tidak sedikit.

Tags: