Plus Minus Motor Besar

Motor besar merupakan salah satu jenis motor yang banyak diidamkan untuk dimiliki seseorang. Hal tersebut karena jenis motor ini termasuk jenis motor yang memiliki nilai tinggi. Baik dari segi fungsi, maupun dari sisi gengsi yang bisa diciptakan bagi pemilik dan pemakainya.

Dari segi fungsi, motor besar sangatlah nyaman jika digunakan untuk berkendara dalam jarak yang jauh. Kenyamanan ini disebabkan komponen yang digunakan sebagai bahan pembuat motor ini didesain khusus dengan kualitas yang sangat mumpuni. Desain khusus ini seperti dibuatnya jenis ban besar yang bisa menciptakan kenyamanan saat melaju. Atau juga desain stang motor yang dirancang agar pengendaranya tidak cepat merasa lelah.

Kelengkapan lain yang mendukung kenyamanan motor besar ini seperti pemilihan jenis lampu. Nyala lampu yang terang menjadikan motor besar ini cukup aman jika digunakan pada malam hari. Selain bisa menerangi jalan bagian depan, keberadaannya juga akan mudah terlihat oleh pengendara dari arah belakang.

Sebagian besar motor besar dirancang sebagai motor berjenis touring. Yaitu motor yang mampu untuk menempuh perjalanan jarak jauh dan lebih mengutamakan kenyamanan daripada kecepatan. Oleh karena itu, tidak jarang kita melihat di bagian belakang motor ini juga dilengkapi bagasi yang bisa memuat barang bawaan sang pengendara. Untuk pembonceng pun ada beberapa jenis motor besar yang menyediakan fasilitas sandaran. Tujuannya agar pembonceng tidak cepat merasa lelah di perjalanan.

READ  Tips Mencuci Motor Tanpa Buang Duit

Klasifikasi Motor Besar

Untuk menentukan sebuah motor bisa dikategorikan sebagai motor besar atau bukan, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangannya. Diantaranya adalah ukuran kapasitas mesin sebuah motor. Biasanya, sebuah motor disebut sebagai motor besar karena mesin yang digunakan berkekuatan lebih dari 200 cc.

Selain ukuran mesin, ukuran body sebuah kendaraan juga menjadi salah satu pertimbangan untuk menyebut sebuah motor bisa disebut sebagai motor besar. Biasanya motor besar memiliki bobot mencapai lebih dari 400 kilogram dalam keadaan kosong. Hal ini disebabkan segala jenis komponen yang melekat pada motor tersebut memang memiliki ukuran yang lebih besar daripada ukuran motor yang banyak dipakai masyarakat dalam kegiatan sehari-hari.

Plus Minus Motor Besar

Sebagaimana memiliki kendaraan jenis lain, ada beberapa hal yang menjadi kelebihan dan keuntungan dengan memiliki motor besar ini. Beberapa hal yang menjadi kelebihan dengan memiliki motor besar diantaranya adalah :

Motor besar sangat nyaman untuk digunakan menempuh perjalanan yang jauh. Hal ini karena desain motor besar yang dirancang untuk menciptakan kenyamanan bagi pengendaranya.
Memiliki motor besar akan meningkatkan gengsi dan status sosial seseorang. Sebab, harga satu unit motor besar bisa melebihi harga sebuah mobil dalam kondisi baru.
Motor besar bisa digunakan untuk memuat beberapa barang bawaan. Hal ini karena motor tersebut sudah didesain memiliki bagasi sebagai tempat penyimpanan barang.
Selain memiliki beberapa kelebihan, di sisi lain ada beberapa hal yang menjadi kelemahan dari memiliki motor besar ini. Diantaranya adalah :

  1. Perawatannya yang tidak boleh sembarangan dan harus menggunakan bengkel resmi yang hanya terdapat di kota besar saja.
  2. Kondisi jalan di Indonesia, belum semuanya mendukung untuk kelancaran berkendara motor besar. Mengendarai motor besar saat macet tentu sangat menyulitkan.
  3. Sulit mencari lahan parkir karena body motor yang besar menuntut adanya ruang khusus saat parkir.
READ  Jual Mesin Sepeda Motor, Komplet!
Tags: