Perjalanan Legendaris Motor Honda Bebek Super Irit

Motor bebek tentu memiliki kenangan tersendiri bagi orang Indonesia. Salah satunya ialah motor Honda bebek. Jenis motor ini sangat memoriable dan tentunya super irit sekaligus bandel. Di eranya, motor ini bahkan mendominasi pasaran dengan begitu larisnya.

Varian motor bebek dari Honda yang begitu legendaris adalah Supra. Tentu saja Anda sudah pernah memiliki motor Supra sebelum memiliki motor yang sekarang. Barangkali justru Anda masih menyimpannya sampai saat ini.

 

Perjalanan Legendaris Motor Honda Supra

Supra merupakan motor legendaris keluaran dari Honda yang masih berjaya sampai saat ini. Walaupun sudah hadir Vario, Beat dan Genio akan tetapi Supra tetap menempati posisi tersendiri di hati pecinta motor bebek Indonesia. Lalu, seperti apa sebenarnya perjalanan legendaris motor Supra ini?

  1. Generasi Pertama

Generasi pertama motor bebek Honda ialah Supra yang rilis pada tahun 1997 hingga 2001. Motor ini mempunyai kapasitas 97,1 cc dengan kode C100 SOHC 2 Valve Air Cooled. Kapasitas yang serupa dengan Astrea dengan menggunakan rem tromol pada bagian belakang dan depan.

See also  Honda CB, Cikal Bakal Kebesaran Honda

Jika dibandingkan dengan kompetitornya, kapasitas mesinnya terbilang cukup kecil karena pada umumnya mempunyai kapasitas 110 cc serta 125 cc. Akan tetapi, tidak perlu khawatir sebab generasi pertama Supra ini mempunyai tenaga serta kompresi jauh lebih tinggi dibandingkan lainnya.

  1. Generasi Kedua

Generasi kedua Supra rilis pada tahun 2001 hingga 2005. Motor ini masih mengusung jenis yang sama pada spek mesin dan baru pada tahun 2000an ke atas Honda mengubah pengeraman roda depan menjadi cakram dari yang semula masih tremol.

Pada tahun 2002 PT. AHM mengeluarkan varian Honda Supra sebanyak dua macam yaitu Supra XX dengan kopling manual dan rem depan cakram serta Supra V dengan rem masih tromol. Sayangnya, produk ini kurang sukses di pasaran pada tahun 2004 dan mengalami diskontinue.

  1. Generasi Ketiga

Honda Supra generasi ketiga rilis mulai tahun 2005 dimana PT. AHM mengenalkan Honda Supra X 125 menggunakan mesin dan desain baru. Termasuk salah satunya ialah varian PGM-FI yang termasuk ke dalam motor bebeb berteknologi injeksi pertama tahun 2007.

See also  Review PCX 150 ABS, Si Tangguh Raja Jalanan

Kemudian, pada tahun 2007 PT. AHM merilis Honda New Supra X 125 dengan adanya perubahan oada bagian desain fisik cenderung lebih sporty. Supra X ini terbagi menjadi dua varian yaitu Supra 125 R dan 125 D.

  1. Generasi Revo dan Supra GTR 150

Revo merupakan generasi penerus Supra Fit yang lahir setelah produksi Supra Fit dan Fitx X dengan masa diskontinue sejak 2011. Honda Revo merupakan varian ekonomis dari Supra X dan Supra Fit bermesin sebelumnya 100 cc.

Kemudian pada tahun 2016 rilis Supra GTR 150 dengan meninggalkan konsep Supra X bebek kota. Mesin varian Honda ini ialah DOHC 150 cc dengan manual clutch, 6 speed, radiator, monoshock, ban besar serta LED headlight.

 

Dimana Tempat Jual Motor Honda Terbaik?

Varian Supra memang selalu berhasil menempati ruang di hati penggemar motor bebek Honda. Jika Anda ingin coba menunggangi motor bebek ini, maka kini tidak perlu susah menemukan tempat jual yang tepat. Bahkan tempat ini memiliki varian produk Honda sangat lengkap, bukan hanya motor bebek saja.

See also  Modifikasi Yamaha New Vixion Streetfighter Dan Fairing

Tempat jual motor Honda terbaik hanyalah Nambo Motor. Selain menawarkan produk Honda yang begitu bervariasi, dealer ini juga menyediakan banyak pilihan spare parts original Honda. Pastinya akan mampu mencukupi kebutuhan Anda. Yuk, segara datangi Nambo Motor terdekat di kota Anda!