Perbedaan PCX Hybrid dan Electric

Meskipun sama-sama diproduksi oleh Honda, namun ada terdapat perbedaan PCX Hybrid dan Electric yang tidak diketahui para calon konsumen. Sehingga banyak konsumen yang kebingungan saat memilih diantara kedua motor Honda PCX ini. Setelah menghadirkan versi Hybrid, kini Honda kembali meluncurkan sepeda motor Honda PCX terbaru versi elektrik. Dapur pacu motor matik elektrik pertama yang akan hadir di Indonesia ini tentunya membuat banyak orang penasaran. Bagaimana spesifikasinya? Apakah perbedaan dengan versi Hybrid? Berikut ini ulasannya.

Perbedaan PCX Hybrid dan Electric

Untuk motor Honda PCX Hybrid sendiri didukung dengan mesin yang sama seperti Honda PCX konvensonal. Hanya saja, motor ini didukung pula dengan mesin tambahan yang dapat meneluarkan tenaga 1.4 kW serta torsi 4.3 Nm. Dan tak lupa pula motor ini juga didukung riding mode serta fitur smart key system.

Untuk warna yang ditawarkan, Honda mengeluarkan 1 pilihan warna yaitu Hybrid Blue untuk versi Hybrid.Untuk harganya sendiri, motor ini dijual dengan harga mencapai 40 jutaan rupiah.

READ  Penampilan Motor Lebih Gaya dan Modern?

Sedangkan untuk motor Honda PCX Elektrik yang mana menjadi versi terbaru dari Honda PCX. Berbeda dari motor Hybrid yang masih menggunakan bensin, motor ini benar-benar murni ditenagai oleh listrik. Motor ini mampu menghasilkan tenaga 4.2 kW. Terlihat “mini” mungkin, namun untuk masalah torsi terbilang cukup besar karena menghasilkan toris sebesar 18Nm.

Dan tentu saja ini akan menjadi jaminan jika tarikan bawah motor Honda terbaru ini akan semakin nampol. Kabarnya, motor ini akan sanggup melaju hingga jarak maksimalnya sejauh 41 km hanya untuk satu kali pengecasan. Hal ini dikarenakan kapasitas baterai yang mendukungnya yaitu 50.4V/20.8Ah×2.

Sama seperti versi Hybrid, Honda juga hanya mengeluarkan 1 warna untuk pilihan Honda PCX Elektrik yaitu Pearl Glare White. Untuk masalah harga belum diketahui informasi mengenai harga jual Honda PCX Elektrik ini di pasaran Indonesia.

Jika melihat dari spesifikasi yang ada, dapat dikatakan jika Honda PCX Hybrid memiliki beberapa keunggulan tersendiri yaitu:

  • Desainnya mewah sesuai dengan harga yang ditawarkan
  • Desainnya khas Honda PCX modern
  • Didukung dengan fitur-fitur lengkap
  • Sudah CKD di Indonesia
READ  Harga Motor Honda

Dan untuk Honda PCX Elektrik sendiri memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • Jelas ramah lingkungan dan tidak menyebabkan pencemaran udara
  • Pengguna tak perlu lagi membeli BBM, karena menggunakan energi yang berasal dari listrik
  • Fitur-fitur yang ditanamkan cukup lengkap

Keduanya sama-sama dibekali dengan Baterai, hanya saja keduanya memiliki fungsi yang berbeda. untuk Honda PCX Hybrid, baterai yang ditanamkan di dalamnya digunakan untuk akselerasi tambahan. Dan sumber tenaga utamanya berada pada mesin berbasis bahan bakar.

Sedangkan berbeda dari Honda PCX Elektrik, baterai yang ditanamkan di dalamnya berfungsi menjadi sumber tenaga karena memang skuter Honda ini seluruhnya menggunakan listrik. Jadi tanpa adanya baterai, Honda PCX Elektrik tidak bisa melaju. Berbeda dengan Honda PCX Hybrid yang tetap bisa melaju meskipun tidak menggunakan baterai.

Pada Honda PCX elektrik, komponennya memang jauh lebih berat. Satu baterainya saja dapat mencapai bobot 10 kg. Selain itu, versi Hybrid menggunakan ECU (Engine Control Unit). Sedangkan pada versi elektrik menggunakan PCU (Power Control Unit) dikarenakan sudah tidak menggunakan engine lagi.

READ  Kawasaki ZZR1400

Perbedaan lainnya juga terdapat pada jarak sumbu roda (wheel base). Untuk Honda PCX Hybrid memiliki jarak sumbu roda sekitar 1.313. berbeda dengan Honda PCX Elektrik yang memiliki panjang hingga mencapai 1.380 mm.

Nah itu tadi beberapa informasi mengenai perbedaan PCX Hybrid dan Electric yang bisa diketahui. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.