Pentingnya Perawatan untuk Motor Sport

Memiliki motor yang berharga mahal, seperti Motor Sport tentu membutuhkan perawatan yang tidak mudah. Apalagi jika motor tersebut merupakan motor kesayangan, sehingga harus lebih selektif penanganannya. Apalagi jika hal itu terkait dengan perawatan bagian vital kendaraan, seperti mesin. Tentu Anda tidak bisa sembarangan dalam menanganinya.

Hal ini terkait dengan kondisi motor sport yang susunan mesinnya lebih rumit dibanding motor biasa. Apabila salah dalam melakukan perawatan, bisa jadi akan menyebabkan dampak yang sangat fatal.

Mengingat sebagaimana namanya, motor sport merupakan jenis motor yang akan digunakan untuk kondisi yang luar biasa. Bukan sekadar digunakan untuk pemakaian sehari-hari. Meski dalam kenyataan banyak juga pemilik motor jenis ini yang menggunakan motornya dalam beraktivitas secara rutin.

Akan lebih baik, untuk masalah perawatan motor jenis sport diserahkan pada ahlinya. Dalam hal ini diserahkan kepada bengkel yang memang memiliki kompetensi dalam menangani motor sport. Tapi bengkel yang bagaimana?

Tentu ada kriteria sebelum menentukan untuk memilih bengkel yang layak dipercaya merawat motor sport kita. Hal ini agar nantinya Anda sebagai pemilik tidak mendapat kekecewaan dan kerugian jika motor kesayangan yang berharga mahal tersebut mengalami “malpraktek”.

READ  Kualitas Motor Bekas Menentukan Harga

Jika ini terjadi, bukan saja motor Anda yang akan rusak dan berdampak pada ongkos yang lebih mahal. Yang lebih utama adalah masalah kepuasan yang bisa berganti menjadi kekecewaan yang sangat.

Tips Memilih Bengkel

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memilih bengkel untuk menangani motor sport kesayangan Anda. Hal ini penting untuk menjaga performa motor kita, supaya tetap berada dalam kondisi prima dan selalu siap “tempur” kapan saja dibutuhkan. Tips memilih bengkel tersebut di antaranya adalah :

  1. Lihat daftar bengkel resmi motor Anda yang ada dalam manual book. Hal ini penting untuk mengetahui bengkel resmi yang direkomendasikan oleh pabrik motor Anda. Jika sesuai dengan rekomendasi, berarti bengkel tersebut dipercaya memiliki kompetensi yang sesuai untuk perawatan motor sport Anda.
  2. Jangan berganti-ganti bengkel. Dengan demikian, riwayat perawatan motor Anda akan tercatat sehingga akan memudahkan apabila terdapat keluhan dan jenis penanganannya.
  3. Jangan ganti mekanik. Jika Anda sudah menemukan bengkel untuk merawat motor, usahakan hanya mekanik tertentu saja yang menangani motor Anda. Anda bisa minta ke bagian pelayanan servis untuk minta mekanik A atau B ketika mendaftar untuk menservis motor. Dengan demikian, mekanik tersebut akan hafal dengan kondisi motor Anda dan tahu bagian mana yang harus mendapat perhatian lebih.
  4. Jangan ragu bertanya kepada mekanik setelah usai menservis. Biasanya, seusai membayar ongkos servis langsung meninggalkan bengkel begitu saja. Ubah kebiasaan ini. Tanyakan hasil pengecekan kondisi motor Anda, dan apa saja yang kira-kira bagian mana yang kira – kira akan diganti dalam waktu dekat. Sehingga Anda bisa menyiapkan dana dan waktu luang pada servis yang akan datang.
  5. Minta nomor telepon bengkel dan mekanik. Hal ini bertujuan ketika terjadi suatu masalah di jalan, Anda bisa menghubungi mekanik untuk minta solusi. Mengingat mekanik tersebut sudah memahami karakter motor sport Anda sehingga pasti akan bisa memberikan solusi apabila terjadi sesuatu pada motor Anda di tengah jalan.
READ  Jual Mesin Sepeda Motor, Komplet!
Tags: