Penampilan Motor Lebih Gaya dan Modern?

Modifikasi motor biasanya sering dilakukan oleh para biker yang tidak puas dengan tampilan motor yang baru dibelinya. Pernahkan Anda melihat motor Kawasaki Ninja 250 tetapi tidak seperti tampilan aslinya? Itu karena sang pemilik modifikasi motor Kawasaki Ninja 250-nya, menjadi tampak berbeda.

Tidak hanya motor Kawasaki Ninja 250 saja yang sering kita lihat dengan tampilan berbeda, tetapi juga dengan motor merek lainnya, dan semua itu karena modifikasi motor. Terutama pemilik motor tipe sports, mereka punya keinginan modifikasi motor seperti motor pembalap Formula-1.

Modifikasi motor dilakukan disamping untuk memuaskan imajinasi para biker, modifikasi motor juga bisa menambah rasa percaya diri pemiliknya. Meskipun untuk beberapa kasus, modifikasi motor memerlukan dana yang tidak sedikit, bahkan hampir menyamakan harga mobil baru, tetap saja para biker melakukan modifikasi motor. Jadi tidak hanya kita yang bisa berganti penampilan, motor pun juga bisa diubah penampilannya dengan modifikasi motor.

Modifikasi Motor – Tips Modifikasi Motor Hemat dan Tetap Gaya

Modifiaksi motor saat ini sudah menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan dari seorang biker. Meskipun biaya untuk modifikasi motor tidaklah murah, soal biaya tampaknya tidak menjadi hambatan bagi para biker. Asalkan motor impian bisa didapatkan, modifikasi motor tetap dilakukan. Namun, bagi Anda yang ingin modifikasi motor dengan biaya yang hemat, cukup melakukan sedikit modifikasi pada bagian tertentu saja, tetapi tetap bisa tampil keren dan gaya.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk modifikasi motor menjadi motor yang sesuai dengan fantasi dan mimpi Anda. Anda bisa mengikuti tips sebagai berikut, untuk mendapatkan modifikasi motor yang hemat:

  1. Pertama bisa meningkatkan tenaga motor dengan cara mengganti knalpot standar dengan knalpot racing atau free flow.
  2. Sesuaikan kapasitas motor dengan yang akan dipasang nantinya, agar modifikasi motor ini bisa dirasakan lebih maksimal.
  3. Pasang spuyer dan main jet. Setelah knalpot racing terpasang, perbesar setelan spuyer dan main jetnya. Atur spuyer dan main jet sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan Anda. Makin besar setelannya semakin besar juga bensin yang digunakan.
  4. Ganti gear depan atau belakang. Bagi Anda yang ingin tarikan yang panjang saat melaju gir belakang gunakan ukuran kecil, misalnya dengan komposisi 33-14.
  5. Pasang gas spontan untuk mendapatkan akselerasi modifikasi motor dengan hasil tarikan yang cepat.
  6. Untuk modifikasi motor bagian luar, bisa menambahkan aksesoris baik pada bagian bodi ataupun velg motor.
READ  Pelayanan Honda

Inspirasi Modifikasi Motor untuk Motor Impian Anda

Anda juga tertarik ingin modifikasi motor juga? Tetapi masih bingung mau modifikasi motor dengan gaya apa? Jika Anda pengguna motor Honda, Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki Ninja, Anda bisa mencoba berbagai gaya modifikasi motor sebagai berikut:

Modifikasi Motor Suzuki Thunder 250 dengan Gaya Cafe Racer Modern

  1. Ubahan konsep dasarnya gaya Cafe Racer tapi beberapa part diambil dari copotan moge masa kini.
  2. Part copotan limbah yang diaplikasikan ini untuk memaksimalkan tampilan kaki-kaki biar terlihat lebih berotot.
  3. Menggunakan pelek depan dan belakang dengan pelek palang limbah yang mengandalkan lingkar roda copotan cagiva planet, supaya terlihat lebih modern.
  4. Supaya kaki-kaki makin terlihat kekar, lengan ayunan dipilih dari Suzuki Bandit 400.
  5. Sok depan masih tetap mengandalkan bawaan Suzuki Thunder 250, berupa sokbreaker batang teleskopik yang besar.
  6. Untuk bodinya, semuanya dibuat baru, dan hanya mengandalkan pelat galvanis.
    Selebihnya modifikasi motor Suzuki Thunder 250 ini mengganti ban depan dengan Battlax
  7. BT92 110/70-17, ban belakang dengan Battlax 160/70-17, knalpot custom, dengan lampu depan dari Yamaha Vixion.

Modifikasi Motor Honda New Mega Pro berbagai Gaya

  • Extrem Style. Sosok MegaPro yang mudah dibongkar-pasang, sehingga bisa dimodifikasi. Tidak perlu banyak perubahan, hanya memotong ekor belakangnya menjadi lebih pendek dari semula, sehingga ekor terlihat makin mengerucut, dan terakhir mengganti konstruksi kaki-kaki menjadi single sided.
  • JDM Style. Bagi yang suka modifikasi motor bergaya racing, bisa mencontoh gaya JDM style yang sedang tren saat ini. Tampilan elegan dengan warna mencolok ini sangat mudah diberi aplikasi. Cukup mengganti piringan cakram dengan yang lebih lebar, kaliper yang lebih besar, dan permainan warna bodi menjadi kalem, serta menambahkan cutting stiker.
  • Ceper Style. Gaya modifikasi motor yang satu ini bisa Anda lakukan supaya terlihat gaul. Anda hanya mengganti pelek dengan ukuran ceking berikut karet ban yang berukuran 200×17. Supaya terkesan bersih dan rapi, pilih warna krom atau silver, dan terakhir ubah kerendahan batang sok depan dan belakang
  • Bike. Gaya kaki-kaki paling mudah mendongkrak wajah MegaPro yang asalnya di India disebut dengan Honda Dazler ini. Cukup dengan menginstal limbah moge dari segala jenis, wajah MegaPro bisa terlihat lebih garang.
READ  Modif Motor Pilihan

Modifikasi Motor Yamaha Byson berbagai Gaya

  1. Bike. Yamaha Byson akan terlihat berbeda jika menggunakan kaki-kaki moge. Bentuk bodi Yamaha Byson ini sangat mendukung untuk diubah penampilannya menjadi semakin agresif. Batok lampu diganti dengan bentuk yang makin sipit, dengan tambahan visor agar makin terlihat sipit.
  2. Mothai Look. Gaya ini membuat Yamaha Byson tampak makin gaul. Modifikasi motor yang bisa dilakukan pada motor ini, berupa pelek dengan ban ceking dipadukan dengan tromol cakram Ninja yang besar, atau tromol cakram pada Buel, namun dipasang pada model jeruji. Sentuhan akhir bisa menambahkan pelek jari-jari di bagian atas, supaya tampilan atas terlihat makin kekar.
  3. Hypermoto Style. Bagaimana dengan modifikasi motor gaya ini? Supaya lekuk dinamis ekor dan tangki tepat, gunakan balutan kaki jangkung. Modifikasi juga bisa mengusung kaki-kaki moge dengan karet ban aspal. Supaya bisa diajak bermanuver, cukup dengan menambahkan rangka tubular.
  4. Extrem Stlye. Sebanding dengan Honda MegaPro, tampilan bak motor konsep Byson ini paling bagus diubah dengan gaya extrem. Dengan kaki-kaki single sisi belakang dan tambahan radiator besar di depan, sosok mesin dan bodi Byson akan terlihat makin berotot.

Modifikasi Motor Honda NSR 150 Perpaduan Ducati Desmosedici dan Honda RC212V

Untuk melapisi bodi NSR 150 dengan full fairing, hanya melipat plat galvanis 0.8mm menjadi jubah Desmosedici. Jubah ini dibuat menjadi tiga bagian, depan, tengah dan belakang, dan masing-masing bagian dibongkar secara terpisah. Sehingga jika akan melakukan perawatan rutin mesin, cukup copot tangki dan bagian joknya.

READ  Kelebihan Motor Yamaha

Untuk menyesuaikan desain dan posisi duduk agar lebih nyaman, serta lebih mengentalkan aura balapnya, ganti stang dengan stang jepit milik Kawasaki Ninja.

Modifikasi motor dibuat mengarah pada desain Ducati dengan ekor yang terlihat lebih ramping dan lancip, dan merubah rangka bagian belakang agar lebih menyudut ke ujungnya. Namun rubahan ini tidak merubah rangka asli bawaan Honda NSR itu sendiri.

Untuk menyesuaikan desain modifikasi motor bergaya Ducati, lengan ayun bawaan dari Honda NSR dimusiumkan dan peranannya diganti. Sementara pemilihan velg jatuh pada power dengan berlapis ban Swallow 100/70-17 untuk bagian depan dan 150/70-17 untuk bagian belakang.

Modifikasi Motor Kawasaki Ninja 250R Gaya Japstyle

Motor Kawasaki Ninja 250R bisa dimodifikasi dengan gaya Japstyle. Meskipun model ini jadul, tetapi dengan tenaga dari Kawasaki Ninja 250R, modifikasi motor ini meskipun bodinya jadul tidak bisa dianggap remeh. Apa saja yang dimodifikasi?

  1. Dimulai dengan membuat rangka dan dudukan mesin yang baru untuk mendukung penampilannya.
  2. Bodi Kawasaki Ninja Japstyle 250R dipasang beberapa limbah moge dan part after market serta hand made.
  3. Untuk rangka, lengan ayun dan knalpot menggunakan hand made RWM.
  4. Sok depan menggunakan sok depannya Suzuki Bandit, dan sok belakang YSS Z series.
  5. Untuk mesin, ditambah oil coolant dengan radiator milik Satria FU dan water coolant memakai radiator milik Yamaha Vixion dan Satria FU, karena radiator bawaan Ninja terlalu besar untuk gaya Japstlye.
  6. Supaya terlihat macho, ban tapak lebar juga disisipkan pada Ninja Japstyle 250R ini. Bagian depan menggunakan aplikasi ban Battlax BT 092 120/60-17 dan ban belakang 160/60-17.
  7. Sebagai sanggahan, digunakan velg TK 300-17 untuk bagian depan dan TK 425-17 untuk bagian belakang dan memasang tromol milik KTM.

Anda bisa jadikan berbagai gaya modifikasi motor di atas untuk motor impian Anda. Selamat mencoba!

Tags: