Oli Motor Palsu Untuk Honda Vario 125? Awas, Ini Bahayanya Lho!

Sebagian orang yang tak sadar bahwa oli motor palsu berbahaya bagi kelangsungan mesin motornya, mereka akan tetap melakukan perilaku yang merusak kesehatan mesin motor tersebut. Mereka tak sadar bahwa ada banyak hal berbahaya jika melakukannya.

Utamanya jika menggunakan motor matic termasuk Honda Vario 125 atau motor matic lainnya, dimana cairan pelumas merupakan kebutuhan penting bagi energi mesinnya. Hanya karena alasan lebih murah, mereka merusak kesehatan mesin motornya sendiri. Lantas apa saja sebenarnya bahaya oli motor palsu untuk motor matic termasuk Honda Vario 125?

Bahaya Oli Palsu Untuk Motor Matic Honda Vario 125

Bukan memberikan perlindungan, melainkan merusak

Kualitas dari oli palsu jauh berbeda jika kita bandingkan dengan oli motor yang asli untuk motor matic Honda Vario 125 Anda. Oli yang asli merupakan jenis oli yang sudah memiliki standar terbaik dan telah dipastikan kadar kualitasnya.

Oli asli untuk motor matic Honda Vario 125 sudah memenuhi standar yang dikatakan sebagai standar JASO MB dan Jaso APL SL. Melalui kriteria standar yang semacam itu, kualitas dan kandungan bahan didalam oli sudah bisa dipertanggungjawabkan.

Berbagai macam kandungan aktif didalam oli mampu memberikan manfaat secara maksimal untuk mesin serta memberikan berbagai macam perlindungan terhadap mesin motor. Sementara pada oli palsu, hal yang semacam itu tidak bisa ditemukan.

READ  Kelebihan Dan kekurangan Jupiter MX

Pada oli palsu, tidak terdapat kandungan yang fungsinya memberikan perlindungan bagi mesin. Bahkan mesin cenderung berpotensi mengalami kerusakan walau olinya sudah diganti karena memang kualitas dan kadar kandungan didalam oli palsu yang berbeda dengan oli asli.

Mesin mudah mengalami overheat

Jika oli mesin motor Honda Vario 125 asli mampu menjadikan suhu mesin dingin dan mengatur agar temperaturenya selalu berada pada temperature yang terbaik, maka pada oli yang palsu hal tersebut tidak akan pernah bisa ditemukan.

Pada oli yang palsu, yang terjadi justru aspek yang sebaliknya. Hal ini terjadi karena pada oli motor Honda Vario 125 yang palsu tidak terdapat kandungan apapun. Padahal yang membantu memberikan manfaat mendinginkan mesin dan mengatur temperatur suhunya adalah  kandungan didalam oli itu sendiri.

Oli palsu cenderung merusak mesinnya dan berpotensi membuat mesin mudah mengalami overheat. Tidak ada hal yang mampu meredam gesekan yang mengakibatkan panas.

Mengakibatkan karat

Ketika gesekan terjadi terus menerus dan panas tidak teredam, hal tersebut berpotensi mengakibatkan karat terjadi lebih cepat. Karena itu Anda yang memiliki Honda Vario 125 dan memiliki area mesin yang berkarat, ada dua kemungkinan yang terjadi.

READ  Kelebihan Scoopy Terbaru Injeksi

Kemungkinan yang pertama, Anda sering telat dalam mengganti oli. Sementara kemungkinan yang kedua, Anda sudah mengganti oli akan tetapi oli yang digunakan adalah oli palsu.

Baiknya dalam melakukan penggantian oli, Anda ganti oli setiap motor sudah mencapai 75 ribu km atau sekitar 3 bulan sekali dengan perbandingan pergantian oli mesin dan oli gardan adalah 3 : 1.

Konsumsi bahan bakar lebih boros dari seharusnya

Oli mesin palsu untuk Vario 125 mengakibatkan terjadinya gaya gesek pada mesin lebih tinggi. Gaya gesekan yang tinggi tersebut pada akhirnya menjadikan sistem kerja mesin semakin ngotot sehingga mengakibatkan konsumsi bahan bakar jauh lebih boros.

Hal tersebut karena mesinnya butuh tenaga ekstra sehingga jika biasanya tenaga tersebut bisa diolah dari mesin, pada kasus seperti ini tenaga mesinnya malah mengambil alih dari bensin.

Pada kasus penggantian oli mesin dengan oli palsu, beberapa pengguna motor tidak hanya niat mengganti oli dengan oli palsu karena niat sendiri. Beberapa pengguna motor bahkan ada yang tidak tahu kalau oli yang digunakan pada motornya adalah oli palsu karena bengkel yang nakal.

READ  Suzuki Satria FU Modifikasi Simple

Nah, agar Anda tidak sampai tertipu dengan bengkel nakal yang memberikan oli palsu dengan harga oli asli, baiknya Anda pastikan bengkel langganan tempat Vario 125 Anda diganti olinya membuka segel botol oli secara langsung di hadapan Anda.

Pastikan proses penggantian oli juga Anda awasi sampai tuntas. Dengan begitu Anda bisa pastikan 80% oli tersebut adalah oli asli karena potensi kecurangan pihak bengkel bisa diminimalisir.

Akan tetapi jika kebetulan Anda sudah terlanjur mengganti oli Honda Vario 125 dengan oli palsu baik karena sengaja atau tidak disengaja, pastikan Anda melakukan recovery setelah itu. Dianjurkan untuk Anda mengganti kembali oli dengan oli yang direkomendasikan pabrikan. Kemudian 2 minggu kemudian, ganti lagi olinya.

Penggantian oli yang pertama berguna membersihkan oli palsu didalam mesin, dan penggantian yang kedua adalah untuk produktivitas mesin selanjutnya.

Jadi, itulah bahaya dari oli motor palsu untuk Honda Vario 125 dan cara mengatasinya jika sudah terlanjur. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang inspiratif untuk Anda.