Motor Sport Kelas Premium

Honda kembali menggebrak. Setelah meluncurkan motor sport kelas menengah beberapa tahun lalu seperti Tiger, Mega Pro atau CS 1, kini perusahaan yang bernama lengkap PT Astra Honda Motor (AHM) ini meluncurkan kembali motor sport kelas premium yaitu Honda CBR 250R. Motor ini berteknologi CBS (Combine Brake System), ABS (Anti-lock Brake System) dan standar emisi Euro2, sesuai dengan standar Indonesia. Peluncuran itu dilaksanakan akhir Februari 2021 lalu, di hotel kawasan Jakarta Pusat.

Gambaran Spesifikasi dan Harga

Motor sport Honda terbaru ini bermesin 249 cc DOHC, 4-tak, 4 katup, dan silinder tunggal yang telah dilengkapi Programmed Fuek Injection (PGM-FI). Akselerasi motor ini akan memuaskan para penikmat kecepatan, dengan putaran mesin 8.000 rpm gigi I mencapai 35 km/jam, lalu gigi II 57/jam, apalagi gigi III 91 km/jam. Adapun kecepatan maksimum kira-kira mencapai 150 km/jam dalam lintasan lurus.

Lalu berapa harganya? Motor sport baru ini dibandrol 59,9 juta untuk varian tanpa rem ABS, sedangkan untuk varian yang telah memakai rem ABS dibandrol 46,5 juta. Dengan teknologi rem ABS ini membuat pengereman tetap pakem pada saat jalanan licin atau basah sehingga motor tetap stabil saat melakukan pengereman depan dan belakang secara bersamaan. Pihak Honda sendiri mengatakan bahwa teknologi ini merupakan yang pertama pada motor sekelas 250 cc.

READ  Zero Motorcycles

Target Penjualan

Tujuan diluncurkannya Honda CBR 250R untuk menaikkan target penjualan motor sport kelas premium menjadi 150 %. Seperti diketahui target penjualan motor sport merk kompetitor mencapai 1.000 unit/bulan. Maka dengan hadirnya motor ini bukan sekadar untuk meramaikan bursa penjualan motor 250 cc di pasaran, tapi target kongkretnya bisa mencapai 1.500 unit/bulan.

Supaya target penjualan motor sport Honda semakin realistis, ternyata tak hanya kelas 250 cc yang akan diproduksi. Tak ketinggalan kelas 150 cc pun akan diproduksi. Bahkan diprediksikan kelas inilah justru yang akan mendongkrak angka penjualan sebagai pendamping tipe motor sport sebelumnya, Mega Pro sebagai pelengkap pangsa pasar antara 100 cc yang dihuni oleh motor bebek dan 250 cc yang dihuni oleh motor sport premium.

Tentu saja Honda tak ingin gambling (berjudi). Rencana peluncuran CBR 150R akan melihat permintaan pangsa pasar terlebih dahulu. Jika marketing research (penelitian pemasaran) menunjukkan bahwa peminat CBR 150R ternyata cukup banyak, moment itu tak akan disia-siakan. Hingga kini baru sampai tahap rencana pemasaran secara berkesinambungan.

READ  Modifikasi Yamaha New Vixion Streetfighter Dan Fairing

Prospek Pembeli

Tak sia-sia Honda mengadakan launching (peluncuran) akhir Februari 2021 di hotel kawasan Jakarta Pusat. Tercatat pembeli serius mencapai lebih 70 orang lebih dari target 100 orang pertama, bahkan mereka telah memberikan uang jaminannnya.

Hal ini menunjukkan bahwa prospek mencapai target penjualan sebanyak 1.500 unit/bulan cukup terbuka. Menariknya, bagi seratus orang pertama pemilik motor sport kelas premium ini, akan diberikan hadiah helm yang matching dengan motor dan penghargaan.

Tags: