Modif Motor Pilihan

Modif motor bisa Anda lakukan jika ingin mendapatkan motor yang sesuai dengan keinginan. Bosan dengan penampilan motor yang begitu-begitu saja? Anda bisa ganti dengan modif motor sehingga penampilan motor Anda tak kalah trendinya dengan motor yang lain.

Apakah motor baru saja yang bisa dimodifikasi? Siapa bilang motor baru saja yang bisa dipoles dengan modif motor? Motor lama Anda pun bisa diberi sentuhan modif motor sehingga masih bisa tetap digunakan dan tetap modis.

Kiat Modif Motor Agar Lebih Kencang Lajunya

Apakah Anda menginginkan motor Anda memiliki laju yang kencang seperti kondisi motor yang masih baru? Bisa Anda polesi motor Anda dengan modif motor. Sangat sayang jika untuk mendapatkan motor dengan laju yang kencang, Anda harus membeli motor baru. Jadi, lebih baik Anda modifikasi saja motor tersebut. Bagaimana caranya? Anda bisa modif motor Anda tersebut dengan mengikuti kiat sederhana berikut.

  • Piston. Agar laju motor menjadi lebih kencang, langkah awal modif motor yang bisa dilakukan adalah mengurangi berat piston sehingga tenaga motor meningkat karena tenaga yang hilang untuk melawan berat piston. Untuk mengurangi berat piston, Anda bisa memotong bagian bawah dari piston. Besar bagian yang dipotong disesuaikan dengan kondisi motor karena tiap sepeda motor tidak sama.
  • Kepala Silinder. Dalam proses modif motor Anda, kompresi ruang bahan bakar sangat menentukan tenaga yang dihasilkan. Prinsipnya, semakin tinggi kompresi bahan bakar, semakin besar tenaga yang dihasilkan. Untuk mempertinggi kompresi ruang bakar dapat dilakukan dengan mengurangi volume ruang bakar.
  • Lubang Pembilasan. Jumlah gas baru campuran bensin dan udara yang dimasukkan ke ruang bakar sangat menentukan tenaga motor yang dihasilkan. Semakin banyak gas yang dimasukkan, berarti kepadatan gas semakin tinggi sehingga tekanan kompresi naik dan pembakaran lebih baik. Jadi, lubang pembilasan diperluas agar jumlah gas baru yang masuk lebih banyak. Perluasan lubang bilas tersebut harus tetap pada batas-batas tertentu dan disertai pula modif motor di bagian lain.
  • Sistem Kelistrikan. Rata-rata tenaga listrik pada motor berkisar 6 volt, tetapi tegangan tersebut dapat diubah menjadi 12 volt dengan mengubah sistem kelistrikannya. Dengan tegangan 12 volt, lampu-lampu menjadi lebih terang, klakson menjadi lebih keras, dan bunga api busi menjadi lebih besar.
  • Rocker Arm. Rocker Arm disebut juga lengan penumbuk katup yang berfungsi meneruskan gerakan dari batang penekan (push rod) atau dari poros pam, sehingga katup bisa membuka dan menutup. Rocker arm yang baik adalah yang ringan tapi kuat. Jika pemotongan rocker arm berlebihan, akan mengakibatkan rocker arm menjadi mudah patah.
  • Roda Gigi. Modif motor dilakukan dengan tujuan agar kecepatan sepeda motor bertambah pada tenaga mesin yang sama. Oleh karena itu, roda gigi belakang harus diganti dengan ukuran diameter yang lebih kecil. Jika roda gigi diganti dengan yang lebih kecil, tentu saja panjang rantai roda harus dikurangi dan disetel.
READ  Harga Kredit Motor Honda Dealer Resmi

Modif motor membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena melakukan perombakan spesifikasi motor berarti mengganti beberapa spesifikasi dari keluaran pabriknya. Belum lagi menambahkan aksesoris motor yang diperlukan selama proses modif motor. Sudah bisa dibayangkan berapa biaya tambahan yang harus Anda keluarkan demi modif motor kesayangan.

Bagi yang memiliki dana terbatas, namun tetap ingin melakukan modif motor, Anda bisa melakukan modif motor hemat. Bagaimana caranya mendapatkan modif motor yang hemat? Berikut kiat modif motor yang hemat.

  1. Pertama, Anda bisa meningkatkan tenaga motor dengan cara mengganti knalpot standar dengan knalpot racing atau free flow. Sesuaikan kapasitas motor dengan yang akan dipasang pada saat modif motor nantinya, agar modifikasi ini dirasa lebih maksimal.
  2. Pasang dan perbesar spuyer dan main jet pada motor sesudah knalpot racing terpasang. Aturlah spuyer dan main jet sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan modif motor Anda. Semakin besar setelan spuyer dan main jet-nya, semakin besar juga bensin yang digunakan.
  3. Anda bisa mengganti gear depan atau belakang motor. Jika menginginkan tarikan yang panjang saat melaju, ganti gear belakang dengan ukuran lebih kecil, misalnya Anda gunakan gear dengan komposisi 33-14.
  4. Pasang gas spontan untuk mendapatkan akselerasi hasil modif motor yang cepat.
  5. Untuk modif motor bagian luar, bisa Anda tambahkan aksesoris pada bagian bodi atau velg motor.
READ  Kredit Motor Saja!

Modif Motor LED dengan Gaya Lampu Motor Night Cruiser

Bagi Anda yang memiliki motor dari Travertson V-Rex, bisa melakukan modif motor dengan gaya lampu motor Night Cruiser. Gaya modif motor ini menggunakan konsep yang menarik dengan lampu tambahan di bawah mesin, persis seperti modifikasi mobil.

Dengan modif motor gaya lampu motor Night Cruiser ini, Anda tidak akan takut dalam gelap karena di motor Anda tersedia banyak lampu untuk menerangi jalan. Penampilan motor Anda setelah memasang lampu motor night cruiser ini akan terlihat lebih modern dan elegan.

Modif Motor Matik Mio

Bagi Anda yang menggunakan motor matik dari Yamaha Mio Sporty, bisa dimodifikasi dengan mengubah kaki-kaki. Modif motor matik Mio ini banyak yang mengacu pada aliran Hartrod atau Lowride sehingga bagian kaki-kaki yang menjadi sorotan. Bagaimana modif motor matik Mio Sporty ini?

  1. Untuk modif motor Mio dengan aliran Lowride, velg dan ban diganti dan dibuat lebih gambot. Tetapi ketika memilih ban harus mempertimbangkan kemampuan dari motor matik Anda. Jangan sampai menggunakan ban yang terlalu gambot atau besar karena akan menyebabkan mesin bekerja terlalu keras.
  2. Anda bisa mengaplikasikan velg dan ban besar dengan catatan tenaga mesin harus diperbesar. Caranya bisa dengan memperbesar kapasitas mesin sehingga tenaga yang dihasilkan akan menjadi lebih besar.
  3. Ada bagian lain yang harus Anda ganti dalam modif motor Mio Sporty jika ingin tampil Lowrider. Mesin bisa Anda mundurkan untuk mendapatkan ruangan yang lapang sehingga ban ukuran besar bisa masuk.
  4. Ketika menggeser posisi mesin, titik berat dan kekuatannya harus diperhitungkan. Jangan sampai setelah memundurkan mesin tersebut, motor malah tidak nyaman dikendarai.
  5. Pilih aksesoris modif motor yang berkualitas baik karena akan memberikan kenyamanan saat dipasangkan pada motor Mio.

Modif Motor Jupiter Z untuk Balapan

Anda ingin mengubah motor Jupiter Z supaya bisa digunakan untuk balapan? Anda bisa mencoba modif motor Jupiter Z dengan cara berikut.

  • Untuk menjaga tenaga mesin tetap kuat dipacu hingga 22 putaran dalam satu race, bisa diatur dari kompresi, timing hingga pendinginan mesin.
  • Untuk kompresi berbekal piston TDR, dome piston dibuat lebih tinggi jadi 2,5 mm dan sudut dome dibuat menjadi 18 derajat.
  • Kepala silinder disesuaikan dengan pemapasan hingga 1,2 mm. Kubah dibuat model bathub dengan squish 13,1 derajat sehingga kompresi berada di angka 12,9 : 1.
  • Kompresi yang digunakan tetap kompresi rendah saja, untuk menjaga durability seluruh part.
  • Kompresi rendah sebaiknya juga ditambah noken as yang punya durasi berbeda di tiap bubungannya, seperti klep isap pakai Sonic yang dibuat 26 mm, dipatok di 274 derajat, dan klep buang (ex) 23 mm dipatok di 276 derajat, serta Lobe Separation Angle (LSA) ditetapkan di kisaran angka 105 derajat.
  • Agar putaran mesin mudah dikail, magnet standar yang beratnya lebih dari 1kg ini dibubut sampai beratnya menjadi 500gr saja.
  • Agar tunggangan lebih cepat lari dengan menggunakan rasio close dan tenaga mudah diumpan ke gigi lebih tinggi tanpa rpm terlalu drop, buatlah perpindahan antargigi tidak terlalu jauh. Sehingga gigi setelah dimodifikasi menjadi gigi 1 13/36, gigi 2 16/29, gigi 3 standar bawaan pabrik, dan gigi 4 23/26.
READ  Kawasaki Bukan Hanya Pabrikan Motor

Modif Motor Yamaha Scorpio Blue Break

Modif motor Yamaha Scorpio ini terinspirasi dari Yamaha Tenere XT660Z perpaduan Suzuki DR 800 Dakar Series. Penasaran bagaimana modif motor ini?

  1. Lampu depan menggunakan lampu dari Honda CS-1, karena paling mirip dengan Yamaha Tenere pada saat menyala.
  2. Untuk sein memanfaatkan handguard variasi yang sudah ada LED-nya, sedangkan lampu dan sein belakang menggunakan variasi yang banyak di pasaran.
  3. Sebagai motor adventure, Yamaha Scorpio dianggap kurang jangkung sehingga motor ditinggikan dengan cara generik, yaitu menyambung sok depan.
  4. Tutup oli sok depan diganti besi pejal sepanjang 10 cm, karena jauh lebih kuat daripada mengganti sok dengan upside down variasi yang rawan bocor.
  5. Sok belakang disambung dudukan atasnya serta mengganti anting-anting unitrack dengan yang lebih tinggi.
  6. Untuk kelir bodi, pilih Paint My Ride Custom yang sangat populer di kalangan modif motor agar tampilan motor semakin mulus.

Itulah beberapa cara melakuan modif motor. Selamat mencoba!

Tags: