Mengapa Terjadi Kenaikan Harga Motor dari Tahun ke Tahun?

Harga barang setiap tahun atau bahkan setiap bulannya memang ada kemungkinannya mengalami kenaikan, sama halnya dengan motor. Terjadi kenaikan harga spare parts motor dari tahun ke tahun. Dulu, harga motor yang dibekali dengan mesin 150cc sudah dapat kita beli dengan harga yang berkisar antara 18 hingga 20 juta. Namun sekarang, harga tersebut mengalami kenaikan, dan harga yang harus dibayar untuk motor 150cc dapat menembus kurang lebih 30 juta rupiah.
Untuk motor matic pun, juga berlaku kenaikan harga motor dari tahun ke tahun. Motor matic yang dulunya dipatok harga sekitar 15 juta, sekarang semua motor matic harganya hampir rata menyeluruh, yakni berkisar angka 20 juta.

Lalu, mengapa terjadi kenaikan harga motor dari tahun ke tahun?

Kenaikan Harga Motor dari Tahun ke Tahun

Kenaikan ini terjadi karena yang pertama, dikarenakan dengan inflasi mata uang. Jadi, ketika nilai dari uang semakin tidak berharga, maka harga yang dibanderol akan memiliki kesan mahal.
Kemudian yang kedua juga dipengaruhi oleh gaji karyawan. Bagaimana gaji karyawan bisa mempengaruhi kenaikan harga motor? Jadi, jika harga produksi mengalami kenaikan semakin tinggi, maka vendor juga akan menaikkan harga banderolan. Hal ini dikarenakan biaya produksi berbanding lurus dengan pricing.

READ  Prospek Cerah Bisnis Toko Variasi Sepeda Motor

Nah, begitu juga dengan salah satu faktor yang lain, yaitu kenaikan dolar. Kurs mata uang rupiah terhadap dolar sendiri tentu juga mengalami kenaikan. Jika beberapa tahun yang lalu kurs mata uang rupiah terhadap dolar masih berkisar 8 ribuan, maka sekarang angka tersebut naik bahkan hampir dua kali lipatnya.

Melemahnya kurs rupiah terhadap dolar akan menyebabkan harga motor mengalami kenaikan. Hal ini tentunya bisa menjadi masuk akal jika menjadi salah satu alasan kenaikan harga motor. Bahkan tidak hanya motor, harga barang-barang yang lain pun akan mengalami kenaikan juga.
Beberapa produsen motor sendiri mengaku sebenarnya kenaikan harga motor adalah salah satu hal yang ingin dihindari. Namun karena sekarang ini kurs mata uang juga dapat mempengaruhi, kenaikan harga motor menjadi hal yang tidak bisa ditolak.

Karena kenaikan harga motor dapat mempengaruhi langsung dengan penjualan, meski kenaikan yang didapat tidak terlalu besar. Namun, pembeli bisa berpikir-pikir ulang kembali untuk membeli sebuah motor jika kenaikan harga motor tetap terjadi.

READ  Review New Vixion vs CB150R

Contoh beberapa kasus kenaikan harga motor, yaitu Yamaha Vixion yang pada tahun 2007, motor ini dijual dengan harga sekitar 18 juta rupiah. Setelah mengalami kenaikan harga dari tahun ke tahun, sekarang ini harga Yamaha Vixion telah mendekati angka 30 juta rupiah (untuk tipe R).
Kemudian di tahun 2008, Ninja 250 karbu pertama kali meluncur. Di tahun itu, Ninja 250 karbu hanya dijual dengan harga sekitar 44 juta, sedangkan sekarang, harganya bisa dibilang telah over price dengan mematok harga sekitar 60 juta.

Kenaikan harga motor dari tahun ke tahun ini akan terus melambung. Hal ini jika faktor-faktor penyebab kenaikan harga motor tadi, seperti produksi pada produsen dan kurs mata uang terus terjadi, maka kenaikan harga tidak bisa dihindari.

Yang bisa Anda lakukan adalah memantau harga motor. Anda bisa memperkirakan berapa kenaikan yang terjadi antar tahun ke tahun supaya Anda memiliki gambaran akan seberapa jumlah kenaikan yang mungkin terjadi.

Dengan Anda memperkirakan berapa jumlah kenaikan harga spare parts motor yang mungkin akan terjadi, Anda bisa menyiapkan pilihan-pilihan Anda.

READ  Honda Super Cub C125