Mendongkrak Performa Kawasaki Ninja RR

Kawasaki Ninja RR memang sebuah legenda. Di Indonesia, Kawasaki sudah banyak mengeluarkan produk sepeda motornya semenjak tahun 1980-an. Diawali dengan motor bebek 4 tak Binter Joy, motor sport touring 4 tak 200cc Binter Merzy, motor sport touring 2 tak 100cc Binter KH dan motor sport 2 tak 150cc Kawasaki KR. Kawasaki Ninja RR adalah penyempurnaan motor sport r tak Kawasaki KR dan Kawasaki Ninja R.

Meskipun kini telah hadir Kawasaki sport 4 tak 250cc Ninja 250R di Indonesia, Kawasaki Ninja RR tetap saja diburu oleh peminta-pemintanya. Dengan harga yang hampir 50% lebih murah, Kawasaki Ninja RR memiliki banyak keistimewaan. Dari segi bahan, Ninja RR jelas jauh memiliki kualitas di atas produk motor yang beredar di Indonesia.

Keunggulan Ninja RR

Logam yang dipakai untuk body dan mesin Ninja RR memiliki kualitas yang bagus, lebih kuat, lebih tahan terhadap cuaca, dan tidak mudah berkarat. Sedangkan logam pada mesin Ninja RR memiliki kelebihan lebih tahan terhadap gesekan dan tahan terhadap panas. Ninja RR juga dilengkap dengan teknologi tinggi pada mesinnya.

Bahkan teknologi ini sudah mulai diterapkan pada generasi sebelumnya yaitu Ninja R dan Kawasaki KR, yaitu sebuah radiator sebagai pendingin mesin berbasis air yang dialirkan mengitari blok mesin. Tidak ada satupun motor di Indonesia yang menggunakan teknologi seperti Ninja RR ini, sampai baru-baru ini saja Honda dengan Vario Maticnya dan Yamaha dengan sport V-ixionnya.

Selama ini, teknologi radiator sebagai pendingin berbasis air hanya digunakan pada mobil. Sedangkan pada motor, umumnya proses pendinginan mesin mengandalkan hempasan angin yang menerpa blok mesin saja.

Meskipun Ninja RR bermesin 2 tak, namun tetap bersuara lembut. Didukung dengan knalpot sporty berteknologi tinggi, asap knalpot yang keluar tidak terlalu banyak sehingga tidak mengganggu pengguna jalan lain. Begitu juga dengan suara yang dikeluarkan meskipun ketika dipacu dalam putaran mesin yang tinggi, tetap tidak membuat bising.

Tingkat kebisingan Ninja RR jauh lebih lembut dibanding motor 2 tak yang lain baik bebek maupun sport. Ninja RR yang dilengkapi dengan full fairing sporty mampu meredam suara mesin dan knalpotnya agar semakin lembut lagi.

READ  Kawasaki Ninja H2 Kini Sudah Bisa Dipesan, Rp 820 Juta Saja

Ninja RR nyaman ditumpangi baik bagi pengendara maupun pembonceng. Suspensi Ninja RR bagian depan adalah teleskopik, sangat nyaman dirasakan bagi pengendara baik pada medan lurus dan halus maupun pada medan berkelok dan bergelombang. Sedangkan pada bagian belakang menggunakan susopensi monoshock yang stabil, nyaman digunakan pada medan apapun.

Selain suspensi yang yahud, Ninja RR juga dilengkapi jok bertingkat dengan oscar dan spon berkualitas tinggi sehingga pengendara semakin merasa aman dan nyaman menunggainginya walau dalam keadaan kecepatannya tinggi sekalipun. Pengendara akan seperti merasa menyatu dengan Ninja RR yang ditungganginya.

Memiliki Ninja RR tidak akan rugi. Harganya tetap stabil bertengger di atas, tidak seperti harga motor yang lain. Justru harga Ninja RR lebih stabil dan sedikit terangkat ketika Kawasaki meghadirkan Ninja 250R mesin 4 tak di Indonesia dengan harga yang hampir 2 kali lipatnya.

Alasannya sederhana. Paket kedua motor ini hampir sama, mulai dari model, performa, keamanan dan kenyamannya saat dikendarai. Yang berbeda hanya pada jenis mesin, Ninja RR memakai mesin 150cc 2 tak sedangkan Ninja 250R memakai mesin 250cc 4 tak. Namun secara performa, kehalusan dan konsumsi bahan bakar mesin, Ninja RR tidak jauh berbeda dengan Ninja 250R.

Merawat Mesin Ninja RR

Merawat Ninja RR berarti juga menjaga performanya, dan itu bisa dilakukan dengan sangat mudah. Diawali dari ketika membeli Ninja RR dari baru, gunakanlah dengan lembut, tanpa menghentak dengan kecepatan biasa saja. Sampai dengan KM 2000, usahakan tidak pernah menggunakan Ninja RR dengan putaran mesin tinggi. Segeralah mengganti oli mesin Ninja RR ketika penggunaannya mencapai 2000 km.

Menggunakan oli mesin yang terbaik adalah pilihan paling bijaksana. Dengan oli berkualitas tinggi, kondisi mesin akan tetap terjaga dari gesekan antar part mesin, suhu tetap terjaga pada kondisi normal dan suara mesin akan semakin halus. Demikian juga pemakaian oli samping, memilih oli samping yang berkualitas tinggi akan semakin menjaga performa mesin Ninja RR.

READ  Review PCX 150 ABS, Si Tangguh Raja Jalanan

Oli mesin yang baik biasanya memiliki kelebihan tidak menghasilkan asap pada knalpot dan berbau wangi. Pemakaian bahan bakar pada Ninja RR secara standar cukup menggunakan premium yang memiliki oktan di bawah 92. Namun untuk mendapatkan performa yang lebih bagus, premium ini bisa dicampur dengan pertamax atau pertamax plus agar nilai oktannya tepat pada angka 92.

Jika premium 5 liter, pertamax atau pertamax plus nya diisi 5 liter juga. Atau jika benar-benar ingin mendapatkan performa terbaik dan sisa pembakaran yang bersih, gunakanlah pertamax atau pertamax plus sepenuhnya pada Ninja RR Anda. Selain motor semakin nyaman dipakai, perawatan jangka panjangnya juga lebih mudah dan ringan.

Merawat Radiator Ninja RR

Yang tidak kalah penting dalam merawat dan mendongkrak performa Kawasaki Ninja RR adalah pada perawatan radiatornya. Fungsi pendinginan mesin pada Ninja RR sepenuhnya dikerjakan oleh radiator dengan cara mengalirkan air yang dingin mengelilingi blok mesin. Semakin terjaga suhu radiator, semakin terjaga pula suhu mesin Ninja RR.

Radiator akan bekerja maksimal jika air di dalamnya memiliki suhu 70°C – 80°C. Ketika suhu air di dalam radiator memasuki angka di atas 100°C, mesin Ninja RR akan tersiksa dan tidak bekerja secara optimal. Indikator suhu akan naik pada posisi H (high) dan motor harus dimatikan.

Agar suhu air di dalam radiator Ninja RR Anda tetap terjaga pada suhu rendah, water coolant bisa dimasukkan ke dalam radiator. Caranya adalah dengan menguras semua air biasa yang berada di dalam radiator, kemudian masukkan water coolant ke dalamnya. Proses penggantian air ini harus dilakukan ketika radiator dalam keadaan dingin. Jika dilakukan dalam keadaan panas akan berbahaya karena ketika tutup radiator dibuka air panas akan tersebur ke atas dan bisa melukai wajah dan tangan pemiliknya.

Water coolant bisa dibeli di toko-toko spare part motor dan mobil dengan berbagai merek. Fungsi water coolant adalah menaikkan titik didih air di dalam radiator. Ketika radiator Ninja RR diisi dengan air biasa, suhunya akan mudah naik menjadi 100°C atau lebih, terutama pada kondisi penggunaan yang ekstrem. Sedangkan radiator yang menggunakan water coolant, pada kondisi ekstrim akan tetap terjaga suhunya sehingga performa mesin Ninja RR bisa tetap terjaga.

READ  2 Warna Honda PCX 150

Ketika Suhu Mesin Ninja RR Panas

Bagaimana jika tiba-tiba suhu mesin Ninja RR naik dan indikator radiator menunjuk ke posisi H? Pengendara Ninja RR tidak perlu takut. Kondisi ini wajar terjadi karena penggunaan Ninja RR yang terlalu ekstrim, atau karena radiator mengalami kebuntuan dalam mengalirkan air mengelilingi blok mesin.

Berikut adalah tips jika suhu mesin Ninja RR tiba-tiba naik drastis dengan indikator mendekati H.

  • Carilah posisi tempat parkir yang aman dan nyaman, teduh dari sinar matahari atau hujan.
  • Beristirahatlah beberapa saat (sekitar 15 menit) sambil menunggu mesin dan air di dalam radiator Ninja RR dingin.
  • Jangan membuka tutup radiator ketika dalam keadaan panas.
  • Ketika suhu radiator sudah dingin, bukalah tutup atasnya dan buka pula tutup bawah untuk menguras air sampai habis. Biarkan air mengalir keluar sampai tuntas.
  • Setelah radiator kosong, tutuplah jalur keluar air radiator dengan memasang baut penutupnya rapat-rapat.
  • Isikan air mineral ke dalam radiator sampai penuh, lalu tutup kembali radiatornya.
  • Cek air dalam tangki cadangan air radiator. Jika berkurang, tambahkan air mineral hingga memenuhi garis maksimum paling atas.
  • Setelah itu, nyalakan mesin Ninja RR dan lanjutkan perjalanan atau segera pulang ke rumah.
  • Ketika sudah sampai di rumah, segeralah membawa Ninja RR ke bengkel resmi untuk melakukan servis radiator atau langsung saja dibawa ke tukang radiator.

Ninja RR adalah salah satu produk istimewa dari Kawasaki dan harus diperlakukan dengan istimewa agar penggunanya bisa menikmati kenyamanan, keamanan dan performa yang sempurna.

Tags: