Kualitas Motor Bekas Menentukan Harga

Saat ini daya beli konsumen motor yang sudah terpakai (bekas) mulai meningkat karena harga motor bekas bersaing di pasar otomotif. Meski dikatakan bekas, tapi harga motor bekas dan motor bekas itu sendiri tetap diperhitungkan oleh para konsumennya.

Biasanya hal pertama yang dipertimbangkan setiap orang ketika mempunyai keinginan membeli motor bekas yaitu kualitas. Alasannya yaitu kualitas motor bekas yang mendekati kondisi masih bagus seperti kondisi semula ketika baru dapat menunjukkan motor tersebut layak pakai atau tidak, mesinnya masih bagus atau tidak, harga motor bekas dan lainnya.

Harga motor bekas di pasar otomotif bervariasi. Dapat dikatakan harga motor bekas juga bersaing dengan motor baru. Selain harga motor bekas, cara pembayaran maupun kualitas motor bekas juga bervariasi. Konsumen juga dimudahkan dalam proses pembelian karena model pembayarannya dapat dilakukan langsung secara tunai dan kredit. Hal tersebut menjadi salah satu persamaan yang ada ketika konsumen membeli motor baru ataupun bekas.

Harga Motor Bekas Memengaruhi Kualitas Motor Bekas

Motor bekas bukan berarti motor yang kualitasnya rendah atau tidak layak pakai. Tapi motor bekas merupakan motor masih layak pakai dengan kondisi tidak baru lagi seperti semula dengan bagian-bagian motor secara fisik ataupun lainnya ada yang membutuhkan perbaikan. Jika seseorang ingin menjual motor barunya yang telah terpakai, berarti motornya termasuk motor bekas dan harganya harga motor bekas.

Jika ingin menjadikan harga motor bekas Anda laku di pasaran dengan nilai tinggi dan diminati banyak konsumen, maka berikut ini caranya.

Merawat motor harus teliti dan hati-hati karena akan berpengaruh pada kualitas motor dan harga motor bekas tersebut. Merawat motor dapat dilakukan dengan cara mengganti oli dan melakukan service jika terdapat bagian motor yang tidak nyaman ketika digunakan.

Membeli motor bekas di luar warna hitam, Anda harus lebih hati-hati merawatnya. Jika motor Anda berwarna hitam, berarti lakukan perawatan dengan baik dan optimal. Sebaliknya, jika warna motor yang Anda miliki selain hitam, silakan melakukan perawatan lebih rajin. Tujuannya memilih warna hitam jika membeli motor baru yaitu motor bekas dengan warna hitam akan lebih menarik daya beli konsumen dengan harga motor bekas masih dapat bersaing dan bernilai tinggi. Warna hitam juga akan membuat motor tampak dalam kondisi baik dibandingkan warna lain karena hitam merupakan warna netral.

READ  Motor Sport Kelas Premium

Motor bekas Anda dapat dijual langsung kepada pembeli yang berminat tanpa bantuan orang lain/perantara/pihak ketiga. Biasanya jika Anda menjualnya melalui perantara/pihak ketiga, maka harga motor bekas tersebut dapat menurun atau dapat memungkinkan terjadinya proses rumit dan membingungkan.

Motor Anda akan memiliki harga motor bekas berkualitas jika mereknya ternama dan terpercaya. Jika merek motor tersebut biasa, maka harga jualnya juga akan stabil. Selain itu, membeli motor baru dari varian paling laris dapat memudahkan Anda ketika menjualnya kembali karena harga stabil.

Membeli motor baru yang disukai banyak pengguna motor, misalnya jenis sport, bebek atau lainnya. Jenis motor tersebut juga akan mempengaruhi harga motor bekas sesuai jenisnya. Jenis sepeda motor juga berkaitan dengan kualitas motor tersebut.

Mengembalikan aksesori motor tersebut seperti semula sehingga hal tersebut tidak berpengaruh banyak terhadap harga motor bekas milik Anda nantinya. Setiap orang memiliki gaya tersendiri dalam menghias motornya. Ketika Anda menjualnya, upayakan menyesuaikan/mengembalikan kondisi aksesori motor seperti semula.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda coba lakukan ketika motor bekas dijual untuk memperoleh harga motor bekas tinggi. Anda dapat menambah informasinya melalui media online ataupun tidak.

Cara Memilih Harga Motor Bekas yang Baik

Memilih dan menentukan motor bekas membutuhkan sikap hati-hati dan teliti. Hal tersebut akan membantu dalam mempertimbangkan harga motor bekas yang dicari. Konsumen berupaya untuk tidak mudah ditipu hanya dengan melihat fisik motor. Terdapat beberapa hal penting lainnya sebagai upaya menghindari penipuan dan kerugian dalam proses memilih dan membeli motor bekas.

READ  Harga Kredit Motor Honda Dealer Resmi

Mengecek harga motor bekas tersebut di pasaran. Pengecekan harga dapat diperoleh melalui berbagai sumber di media cetak ataupun elektonik, misalnya koran, internet dan lainnya. Selanjutnya mengecek nomor rangka dan mesin motor. Hal tersebut akan memudahkan menentukan harga motor sesuai dengan kondisi asli motor. Nomor rangka dan mesin motor bekas dipastikan asli dan bukan ketokan kasar sesuai yang tertera pada BPKB dan STNK. Hal tersebut juga berguna untuk menghindari motor tersebut hasil curian.

Mengecek nomor polisi motor bekas tersebut. Meski harga motor bekasnya terhitung murah, tapi jangan mudah terlena dengan nominalnya. Pengecekan nomor polisi juga memiliki peran penting bagi konsumen/pembelinya.

Periksa kondisi fisik motor bekas. Jika terlihat banyak goresan, pecah ataupun kondisinya retak, maka hal itu dapat mempengaruhi harga jual motor bekas tersebut. Selain itu, jangan lupa memeriksa spion, baut dan bagian lainnya. Bagian motor yang masih orisinil juga menentukan harga jual motor tersebut. Setelah itu, mengecek kondisi oli motor dengan membuka dan mengukur oli yang ada di dalam mesin. Ukuran oli tidak berlebihan karena mempengaruhi suara mesin. Jika suara mesin kurang halus, maka hal tersebut mempengaruhi minat pembeli.

Selanjutnya memastikan speedometer tidak ada retak ataupun bekas pembongkaran. Silakan diperiksa juga berapa jumlah km yang ditempuh. Jika di atas 20.000 km, maka terdapat banyak bagian yang perlu diganti segera. Hal penting lainnya yaitu memastikan kondisi mesin dengan cara menghidupkannya untuk mengetahui kondisi mesin motor. Jika kondisi mesin motor baik, maka motor tersebut layak jual dengan harga tinggi.

Memeriksa perpindahan gigi dengan cara menjalankan motor tersebut kemudian mengamati perpindahan giginya, sulit atau tidak. Jika terasa sulit, berarti kampas kopling motor akan segera habis. Jika ada suara mendesir di saat motor berjalan, ada kemungkinan gigi primer dari motor segera habis.

READ  Viar Star NX

Selanjutnya memeriksa rangka atau sasis motor dengan memperhatikan kelurusan/tidak ada bengkokan roda motor depan dan belakang. Kondisi kelistrikan motor seperti lampu motor depan, lampu rem belakang, lampu speedometer, lampu sein, klakson, atau elektrik starter motor harus diperiksa juga. Jika semuanya dalam kondisi hidup dan baik, maka harga motor bekas juga tinggi.
Selain hal tersebut di atas, Anda harus tetap sabar, berani, dan mengerti pentingnya sebuah mesin berkualitas, orisinil atau sebaliknya. Hal tersebut akan membantu Anda dapat menyesuaikan harga motor bekas dengan harga motor baru dari penjualnya.

Anda harus hati-hati dan teliti dalam menawar ataupun menjual motor bekas tersebut. Tambahan informasi berperan penting dalam memudahkan Anda mengetahui minat pasar terhadap motor bekas. Semoga tulisan mengenai hal-hal berkaitan dengan motor bekas termasuk penentuan harga ketika kondisinya bekas, dapat memudahkan Anda jika menempati posisi sebagai pembeli ataupun penjualnya.

Kualitas barang menentukan harga jualnya. Semakin baik kualitasnya, maka semakin layak jual dengan nilai tinggi. Pembeli/konsumen sangat selektif dalam memilih barang termasuk motor bekas maupun menwar harga.

Meski motor bekas, tapi ketika semua bagian motor tersebut dalam kondisi baik dan tidak bermasalah seperti STNK, BPKB, nomor polisi, kondisi fisik dan lainnya, maka motor tersebut layak jual dan dapat bersaing dengan harga motor bekas lainnya. Jenis motor bekas berbeda-beda seperti halnya motor baru. Harganya juga bervariasi.

Mengenai perwatan motor, baik bekas ataupun baru, memiliki kemiripan apalagi jenisnya sama. Perawatan motor bekas terlihat lebih banyak daripada motor baru, tetapi hal tersebut tidak berlaku pada semua motor bekas. Prinsipnya adalah perawatan pada semua jenis barang otomotif ataupun jenis lainnya sangat diperlukan dan membutuhkan kekontinyuan dari pemiliknya.

Perawatan yang baik akan mempengaruhi kualitas motor tersebut. Jika motor tersebut telah terpakai dan akan dijual, maka harganya termasuk harga motor bekas yang bersaing di pasaran karena kualitas terjamin dan terpercaya.

Tags: