Ketahui Penyebab Akselerasi Motor Matic Lemah

Pernahkah Anda merasakan tenaga motor melemah serta kurang kuat dalam menarik tuas gas? Hal ini dapat disebabkan respon gas yang lambat serta masalah lain berkaitan dengan akselerasi. Akselerasi pada motor perlu diperhatikan sebab keberadaannya dapat merusak motor sepenuhnya. Berikut akan diulas lebih mendalam mengenai penyebab akselerasi motor matic lemah yang tentunya berguna bagi Anda.

 

  1. Busi Tidak Sesuai

            Penyebab yang pertama ialah busi tidak sesuai. Ukuran busi yang umumnya terlalu besar atau kecil, dapat mengakibatkan akselerasi motor matic melemah. Oleh sebab itu, bagi Anda yang memiliki kendaraan baik motor atau mobil, dapat mengecek keberadaan busi yang terpasang pada kendaraan. Pengecekan sedari awal dapat mengurangi resiko pemicu kerusakan lain seperti mesin atau komponen penting.

            Selanjutnya untuk perbaikan busi motor, tidak dapat diperbaiki secara individu. Butuh bantuan tenaga yang ahli di bidangnya. Dari adanya petunjuk manual yang tersedia di penggunaan kendaraan pun hanya mampu digunakan sebagai referensi. Selebihnya, Anda membutuhkan bantuan dari montir atau petugas di bengkel terdekat, untuk mengganti sesuai dengan busi yang tersedia ukurannya.

See also  Pelayanan Honda

 

  1. Busi Sudah Kotor

            Poin kedua dan umumnya jarang diketahui oleh pengguna kendaraan, terutama motor matic ialah kondisi kebersihan dari busi. Kebersihan merupakan komponen penting dari kendaraan yang berguna untuk menjaga kinerja mesin. Apabila busi sudah kotor, maka besar kemungkinan dari kualitas kinerja pun menurun. Hal inilah yang mungkin menjadi penyebab salah satu kendaraan sering mengalami penurunan fungsi.

            Beberapa dampak kecil apabila busi sudah kotor, dapat diketahui dari adanya laju motor yang tidak kencang. Serta ketika Anda melakukan penarikan tuas gas, akan berakibat pada rem yang pendek saat dikendalikan. Hal ini perlu dicurigai sejak awal. Sebab pada poin kedua dari penyebab akselerasi motor matic lemah ini dapat mengakibatkan hal yang fatal seperti kecelakaan.

 

  1. Busi Mengendap Lama

            Apabila Anda memiliki kendaraan yang sudah cukup lama tidak digunakan. Serta kondisi bensin dalam tangki yang jarang pula diganti, hal ini perlu diwaspadai sebagai salah satu penyebab dari akselerasi kendaraan yang melemah. Busi mengendap lama menjadi penyebab bahwasanya mesin berjalan tidak konsisten. Ketika hal ini terjadi, maka mesin akan berjalan dengan respon yang lamban.

See also  Motor Yamaha Jupiter MX 150 Siap Menggebrak

            Perlu adanya solusi dari masalah bensin atau busi yang mengandap telah lama di tangki motor. Salah satunya adalah menggunakan motor setidaknya seminggu sekali untuk perawatan yang aman dan nyaman. Sebab ketika motor sudah tidak dan jarang digunakan, akan berakibat pada kondisi akselerasi yang mengalami fungsi penurunan. Sehingga Anda perlu untuk sejenak mengganti bensin dalam tangki hingga bersih.

 

  1. Karburator Kotor

            Selanjutnya pada urutan keempat terdapat kondisi karburator yang kotor. Tanpa disadari pada urutan keempat penyebab akselerasi motor matic lemah yakni bagian karburator menjadi pemicu terjadinya sumbatan yang berbahaya. Apabila Anda melakukan pengisian bensin secara berulang, tanpa memperhatikan karburator. Hal ini dapat mengakibatkan dampak fungsi dari akselerasi kendaraan.

            Jika Anda mengetahui bahwasanya penyebab akselerasi motor melemah dikarenakan karburator kotor. Maka segera bersihkan sesegera mungkin. Mungkin perlu waktu yang cukup lama sebab perlu terjadinya pembongkaran. Selalu perhatikan pula bagian onderdil motor agar dapat terorganisir dengan bak dan benar. Maka kondisi karburator kendaraan pun dapat lebih awet dalam penggunaan jangka panjang.

See also  Honda Beat - Irit, Gesit, Nyaman dan Bertenaga

 

  1. Filter Udara Tersumbat

            Serta pada bagian terakhir yakni filter udara dari kendaraan umumnya dapat tersumbat. Hal ini berkaitan dengan ruang udara yang umumnya telah dipatok dalam jumlah tertentu, dapat lebih atau kurang dalam masa penggunaannya. Akselerasi motor yang lambat dapat memicu pembakaran pada ruang yang sempit. Sehingga dapat berakibat mesin yang tidak nyaman serta berisik dalam jangka waktu yang lama.

            Pada kondisi filter udara di penyebab kelima dari penyebab akselerasi motor matic lemah pun merekomendasikan Anda untuk selalu mengecek dan membersihkannya. Hal ini dapat diawali dengan membongkar filter udara dengan penyiraman air. Jangan lupa untuk menggunakan sabun cuci motor yang sesuai serta bilaslah menggunakan air secara konsisten. Tentu saja cara ini dapat mencegah penurunan fungsi akselerasi kendaraan.

Tags:,