Kelebihan Motor Listrik

Motor listrik merupakan salah satu jenis inovasi di bidang transportasi darat yang ditemukan manusia. Penemuan jenis motor ini merupakan pengembangan dari teknologi sepeda motor berbahan bakar premium yang selama ini lebih banyak dikenal oleh masyarakat.

Motor listrik tidak menggunakan premium sebagai bahan bakar. Sebagai gantinya, motor ini menggunakan tenaga listrik yang disimpan melalui accumulator atau aki dan diubah sebagai energi untuk menggerakkan mesin. Sehingga, motor jenis ini tidak membutuhkan bahan bakar seperti motor yang kebanyakan kita jumpai.

Sayangnya, kemampuan motor ini cukup terbatas. Sebab, motor listrik memang didesain hanya untuk alat tranportasi dalam wilayah yang tidak terlalu luas. Seperti hanya untuk kegiatan dalam kota misalnya. Demikian juga, motor ini tidak bisa digunakan untuk mengangkut beban yang berat.

Hal ini terlihat dari kontruksi rangka motor listrik yang terlihat lebih kurus dibandingkan dengan jenis sepeda motor lainnya. Kedua buah ban yang digunakan pun ukurannya terlihat kecil, seperti ban sepeda angin.

Dari sisi mesin yang digunakan pada motor listrik pun demikian. Kapasitas mesin yang kecil, menjadikan motor ini tidak bisa diajak berlari kencang. Desain mesin motor listrik ini menjadikannya hanya bisa melaju dengan kecepatan rendah saja.

READ  Modif Motor Pilihan

Kelebihan Motor Listrik

Meski pun dianggap memiliki banyak kelemahan, namun sejak diperkenalkan banyak juga masyarakat yang tertarik untuk memilikinya. Hal ini khususnya pada mereka yang sekedar membutuhkan alat transportasi murah dan praktis.

Ada beberapa kelebihan dari motor listrik yang bisa dijadikan pertimbangan bagi seseorang untuk menggunakannya. Beberapa kelebihan motor listrik tersebut di antaranya adalah :

Harga satu unit motor listrik jauh lebih murah daripada harga sebuah sepeda motor berbahan bakar premium.

Perawatan yang lebih mudah dan tidak terlalu rumit. Sebab, komponen mesin yang digunakan pun lebih sederhana dan tidak serumit mesin sepeda motor biasa.

Motor listrik tidak menyebabkan polusi karena tidak ada pembakaran yang muncul saat motor ini dikendarai. Sehingga motor listrik dianggap sebagai alat transportasi yang ramah lingkungan.

Lebih murah dalam pengoperasian. Sebab, untuk bahan bakar cukup dengan mengisi aki dengan cara mengisi ulang pada listrik dan tidak perlu antri di tempat pengisian bahan bakar.

Lebih praktis dalam masalah parkir, karena ukuran motor listrik lebih kecil dan ramping.

READ  Vespa 946 Ludes Terjual
Tags: