Kelebihan dan Kelemahan Produk Yamaha Motor

Perusahaan Yamaha Motor adalah salah satu dari sekian banyak produsen kendaraan roda dua yang ada di Indonesia. Peminat kendaraan roda dua di Indonesia yang semakin meningkat dari tahun ke tahun membuat persaingan bisnis di pangsa pasar kendaraan roda dua semakin ketat.

Masing-masing produsen termasuk Yamaha Motor ini terus melakukan inovasi yang kreatif untuk menciptakan produk-produk baru yang bisa meningkatkan penjualan mereka. Di sepanjang 2011, masing-masing produsen kendaraan roda dua termasuk Yamaha Motor mengeluarkan berbagai macam jenis baru dari kendaraan roda dua yang diproduksinya.

Namun dari sekian banyak produk baru yang dikeluarkan oleh Yamaha Indonesia ini, masing-masing produk tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri.

Untuk itulah, sebelum masyarakat ingin membeli salah satu dari sekian banyak produk baru Yamaha Motor tersebut, termasuk produk-produk baru yang dikeluarkan oleh Yamaha Motor, ada baiknya masyarakat mencari informasi sebanyak mungkin tentang kendaraan roda dua yang ingin mereka beli.

Produk Yamaha Motor

Dengan motto yang menjadi andalan Yamaha Motor, yaitu Yamaha semakin di depan, maka Yamaha Motor Indonesia berusaha untuk memberikan produk-produk terbaiknya agar dapat bersaing di pasar persaingan bisnis kendaraan roda dua di tanah air.

Berikut ini akan dijelaskan satu per satu produk-produk dari Yamaha Motor beserta kelebihan dan kelemahan produk tersebut untuk membantu masyarakat dalam memilih produk Yamaha Motor mana yang paling tepat.

1. Produk Yamaha Motor – Yamaha Vixion 2011
Yamaha Vixion adalah salah satu produk Yamaha Motor yang sempat naik daun karena produk Yamaha Motor yang satu ini adalah kendaraan roda dua jenis sport. Bentuknya yang ramping dan tampilannya yang ekslusif sempat merebut pangsa pasar motor sport di Indonesia.

Secara umum, spesifikasi produk Yamaha Motor yang satu ini adalah tipe motor sport dengan tipe mesin empat tak dan empat valve SOHC. Berpendingin cairan dan merupakan Yamaha Motor fuel injection.

READ  Pentingnya Perawatan untuk Motor Sport

Yamaha Motor jenis sport ini juga memiliki cylinder tunggal dengan posisi silinder tegak. Dengan kapasitas tangki bahan bakar yang besar yaitu sekitar dua belas liter membuat Yamaha Motor tipe Yamaha Vixion ini memungkinkan untuk menempuh perjalanan jauh tanpa direpotkan dengan masalah pengisian bahan bakar yang berkali-kali.

Kelebihan Yamah Motor – Yamaha Vixion

  • Yamaha Motor yang satu ini sangat cocok untuk laki-laki muda yang mementingkan gaya dan penampilan, Yamaha Vixion bisa dijadikan pilihan yang tepat. Selain tampilan Yamaha Motor yang satu ini memang ramping dan khas anak muda juga tampilan Yamaha Vixion ini sangat mudah untuk dimodifikasi.
  • Harga jual kembali Yamaha Motor masih sangat tinggi sehingga membeli Yamaha Vixion tidak akan mengalami kerugian terlalu banyak.
    Memiliki teknologi dengan sistem injeksi.
  • Performasi Yamaha Motor ini sangat prima untuk lintasan panjang atau perjalanan jauh karena akselerasinya akan terasa di atas enam ribu rpms.
  • Konsumsi bahan bakar pada Yamaha Motor yang satu ini cukup hemat dan efisien karena sistem bahan bakar inkeksi mampu menyuplai campuran gas lebih akurat dalam sistem pembakarannya.

Kelemahan Yamaha Motor – Yamaha Vixion

Ternyata di luar penampilannya yang sangat memikat dan trendy, ada banyak kelemahan yang dimiliki oleh Yamaha Motor tipe Vixion ini. Kelemahan yang paling sering terjadi dari pengguna Yamaha Motor yang satu ini adalah sistem oper gigi yang susah masuk dan dinetralkan.

Kelemahan yang satu ini cukup mengganggu karena ketika Yamaha Motor melaju dalam kecepatan tinggi ketika perpindahan persneling yang tiba-tiba tidak bisa dilakukan maka akan sangat berbahaya.

Selain itu, elektrik starter pada Yamaha Motor jenis Vixion ini sering ngadat terutama ketika Yamaha Motor ini terkena air akibat motor kehujanan atau karena motor dicuci. Selain itu, ketika dalam keadaan menikung, Yamaha Motor jenis Vixion ini akan sedikit oleng karena keadaan shock breaker yang terlalu empuk.

READ  Zero Motorcycles

Dan jika pengendaran Yamaha Motor jenis Vixion ini tidak bisa mengendalikan keadaan yang oleng tersebut maka bisa mengakibatkan pengendara dapat terjatuh ketika menikung.

2. Produk Yamaha Motor – Yamaha Jupiter MX

Yamaha Motor tipe Jupiter MX pernah mendominasi pasar untuk kelas 135cc beberapa waktu yang lalu. Namun sayangnya karena ada beberapa kelemahan dari tipe Yamaha Motor jenis yang satu ini membuat tipe ini mulai ditinggalkan ketika pesaingnya mengeluarkan motor sejenis dengan tipe 150cc.

a. Kelemahan Yamaha Motor Jenis Jupiter MX

  • Pada saat Yamaha Motor ini berada pada kecepatan tinggi, getaran yang ditimbulkan menyebabkan bunyi berisik pada bodi. Hal ini disebabkan karena adanya terlalu banyak sambungan pada bodi motor sehingga disetiap sambungan tersebut menimbulkan bunyi yang lumayan mengganggu karena getaran mesin.
  • Yamaha Motor jenis susah untuk melakukan perawatan rutin seperti servis karena sambungan bodi yang terlalu banyak menyebabkan jika melakukan servis maka seluruh bodi Yamaha Motor ini harus dilepas.
  • Ukuran karburator pada Yamaha Motor jenis Jupiter MX dengan kapasitas mesin 135cc sangat tidak sesuai, ini menyebabkan mesin seperti kurang pasokan bensin.

b. Kelebihan Yamaha Motor Jenis Jupiter MX

Yamaha motor jenis Jupiter MX ini memiliki tarikan mesin yang ringan sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai motor di dalam kota dan di jalan yang tingkat kemacetannya tinggi.
Memiliki pendingin radiator cair sehingga mesin tidak mudah panas dengan desain bodi Yamaha Motor jenis ini sangat modis sesuai dengan gaya anak muda.
Spare part untuk Yamaha Motor jenis Jupiter MX ini sangat mudah didapat.

3. Produk Yamaha Motor – Yamaha Xeon 2011

Yamaha Motor yang satu ini menggunakan teknologi terbaru yang dirilis oleh Yamaha Motor yaitu menggunakan silinder yang memiliki daya tahan yang kuat terhadap gesekan. Selain itu penggunakaan sistem pendingin cair membuat temperature mesin akan tetap dingin dan stabil walaupun ketika berada di dalam kondisi macet yang biasanya menyebabkan mesin motor menjadi panas.

READ  Mendongkrak Performa Kawasaki Ninja RR

a. Kelebihan Yamaha Motor Xeon

  • Yamaha Motor yang satu ini sangat stabil jika digunakan bermanuver pada tikungan tajam dengan kecepatan tinggi karena didukung dengan teknologi shockbreaker tingkat tinggi yang memiliki sistem dua lengan ayun.
  • Kendaraan roda dua jenis Yamaha Motor Xeon ini memiliki panjang V belt yang terpanjang di kelasnya sehingga membuat Yamaha Xeon ini mempunya kecepatan yang spontan.
    Dengan ukuran ban yang lebih kecil maka tarikan mesin pada Yamaha Motor yang satu ini menjadi lebih enteng.

b. Kelemahan Yamaha Motor Xeon

  • Sulit melakukan penyetelan klep karena untuk membuka klep pada Yamaha Motor jenis Xeon ini harus membuat head silinder serta harus menguras radiator cooler.
  • Sistem lengan ayun pada Yamaha Motor ini membuat tampilan keseluruhan Yamaha Motor ini menjadi kurang modis dan ketika harus membuka ban harus sekaligus membuka knalpot.
  • Ban yang kecil membuat Yamaha Motor Xeon ini menjadi sedikit limbung ketika menikung dalam kemiringan tertentu.

4. Produk Yamaha Motor – Yamaha Byson

Yamaha motor tipe Byson adalah salah satu produk motor sport yang dikeluarkan oleh Yamaha. Sebagai produk baru, Yamaha Motor tipe Byson ini cukup menarik perhatian pasar karena tampilannya yang modis ala motor besar. Selain itu putaran mesin yang mampu mencapai lebih dari empat ribu lima ratus rpm membuat Yamaha Motor ini mampu berlari kencang

Sayangnya tampilan yang modis dengan teknologi yang canggih ini tidak didukung dengan penggunaan sistem terbaru karena Yamaha Motor jenis Byson ini masih menggunakan rem model tromol untuk sistem pengereman bagian belakang.

Tags: