Kawasaki Bukan Hanya Pabrikan Motor

Berbeda dari pandangan semua orang Indonesia, Kawasaki bukan pabrikan motor. Kawasaki adalah heavy industries, artinya perusahaan pembuat alat-alat berat dan. Di Jepang sendiri, Kawasaki Heavy Industries merupakan penggerak kehidupan orang Jepang, dalam artian konotatif atau denotatif. Ini perusahaan yang super big. Walau orang Indonesia kurang mengenalnya.

Perusahaan ini dinamakan sesuai dengan nama pendirinya Shozo Kawasaki dan tidak ada hubungannya dengan Kota Kawasaki, di provinsi Kanagawa, Jepang, karena perusahaan ini bermarkas di Tokyo atau di Kobe.

Shozo Kawasaki, lahir di Kagoshima dari keluarga pedagang kimono. Shozo Kawasaki menjadi pedagang pada usia 17 di Nagasaki, satu-satunya tempat di Jepang waktu itu yang lantas terbuka bagi orang Barat. Dia memulai bisnis pengiriman di Osaka pada usia 27, yang gagal ketika kapal kargo itu tenggelam setelah badai.

Pada 1869, Shozo Kawasaki bergabung dengan sebuah perusahaan yang menangani gula dari Kepulauan Ryukyu yang didirikan oleh seorang samurai, Kagoshima. Pada 1894, ia diangkat sebagai wakil presiden eksekutif Persekutuan Shiping Kapal Uap Jepang dan berhasil dalam membuka rute laut ke Ryukyu dan pengangkutan gula ke daratan Jepang.

Karena begitu seringnya perusahaan miliknya mengalami kecelakaan laut, Kawasaki semakin percaya pada kapal-kapal Barat karena mereka lebih lega, stabil, dan lebih cepat daripada kapal-kapal khas Jepang. Pada saat yang sama, ia menjadi sangat tertarik pada industri galangan kapal modern.

Pada April 1876, didukung oleh Matsukata Masayoshi, wakil menteri keuangan, yang berasal dari provinsi yang sama dengan Kawasaki, Shozo Kawasaki mendirikan Kawasaki Shipyard Tsukiji di lokasi pinjaman dari pemerintah yang letaknya di tepian Sungai Sumidagawa, lantas merintis sebuah langkah besar dan maju sebagai pembuat kapal.

Karena itulah, Kawasaki Heavy Industries, Ltd merupakan perusahaan yang jejak asal-usulnya lebih pada 1878 ketika Kawasaki Shozo mendirikan Kawasaki Shipyard Tsukiji di Tokyo, Jepang. Delapan belas tahun kemudian, pada 1896, Kawasaki Shipyard Tsukiji berubah menjadi Kawasaki Dockyard Co, Ltd

READ  Sejarah Dan Cara Modifikasi RX King

Kawasaki- Industri Pesawat dan Angkasa Luar

Meskipun awalnya dimulai sebagai perusahaan pembuatan kapal, Kawasaki Heavy Industries lebih akrab pada konsumen bagi produk sepeda motor dan kendaraan darat di semua medan. Yup, perusahaan dan anak perusahaan dari Kawasaki Heavy Industries juga memproduksi Personal Water Craft, kapal, pabrik-pabrik industri, traktor, kereta api, kecil mesin, dan peralatan kedirgantaraan (termasuk pesawat militer). Pekerjaan subkontrak pada pesawat jet (termasuk jumbo jet) telah diteken bersama Boeing, Embraer, dsb.

Kawasaki aktif dalam beragam industri kedirgantaraan. Mereka adalah kontraktor untuk Departemen Pertahanan Jepang dan telah membangun pesawat seperti pesawat transportasi C-1, T-4 pelatih jet menengah, dan P-3C, pesawat patroli antikapal selam. Kawasaki juga sedang mengembangkan dua pesawat generasi selanjutnya, pesawat patroli maritim XP-1 dan pesawat transportasi XC-2.

Lantas, Kawasaki juga membuat helikopter, termasuk helikopter BK117 itu, yang bersama-sama dikembangkan dan diproduksi bersama Messerschmitt-Bölkow-Blohm perusahaan dirgantara asal Jerman. Selain itu, Kawasaki juga memproduksi helikopter CH-47J / JA.

Dalam bisnis penerbangan komersial, Kawasaki Heavy Industries terlibat dalam pengembangan internasional bersama-sama perusahaan lainnya, misalkan untuk memproduksi Boeing 767, Boeing 777, dan Boeing 787, Kawasaki Heavy Industries berkerja sama dengan Perusahaan Boeing. Adapun jet-jet 170, 175, 190, dan 195 dengan Empresa Brasileira de Aeronautica. Kawasaki Heavy Industries juga terlibat dalam pengembangan internasional untuk produksi mesin turbofan pada pesawat penumpang seperti V2500, RB211/Trent, para PW4000 dan CF34.

Kawasaki juga bekerja untuk Japan Aerospace Exploration Agency. Perusahaan yang bertanggung jawab untuk pengembangan dan produksi muatan fairings, payload attach fittings (PAF), dan pembangunan kompleks peluncuran untuk roket H-II. Dilanjutkan servisnya untuk terus memberikan layanan pengembangan untuk roket H-IIA.

Kawasaki telah juga berpartisipasi dalam proyek-proyek seperti pengembangan kendaraan peluncuran pesawat ruang angkasa yang dapat digunakan berulang-ulang. Mereka menangani transportasi masa depan, proyek robotika ruang angkasa, juga modul percobaan Jepang untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional, HOPE-X, ditambah pula mengorbitkan pesawat eksperimental dan mekanisme docking untuk ETS-VII.

READ  Triumph Tiger 800XCX

Kawasaki – Rolling Stock
Kawasaki juga merupakan produsen terbesar di Jepang dalam produksi rolling stock (segala macam barang yang bergerak di rel). Perusahan yang memproduksi rolling stock ini mulai beroperasi sejak 1906. Perusahaan ini memproduksi kereta ekspres dan komuter, kereta bawah tanah, kereta api barang, lokomotif, monorel, dan sistem transit yang baru. Kawasaki juga terlibat dalam pengembangan dan desain kereta api berkecepatan tinggi alias Shinkansen.

Produk Utama Rolling Stock

  • Mobil listrik (termasuk kereta api Shinkansen).
  • Monorel.
  • Kursi penumpang dan gerbong barang.
  • Lokomotif diesel.
  • Lokomotif listrik.
  • Platform screen door system.
  • Kursi penumpang dan gerbong barang pada sistem transit terpadu.

Kawasaki – Perusahaan Kapal

Walau merupakan perusahaan awal. Kawasaki Shipbuilding Corporation adalah anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Kawasaki Heavy Industries. Berbagai produk meliputi kapal shipping LNG dan LPG, kapal kontainer, kapal curah, dan VLCCs, serta kapal selam. Perusahaan ini juga terlibat dalam pengembangan struktur lepas pantai dan kapal penelitian. Kawasaki juga memproduksi mesin-mesin kelautan dan peralatan, termasuk mesin utama, sistem penggerak, roda gigi kemudi, dek dan mesin memancing.

Produk Utama

  • LNG operator.
  • LPG operator.
  • Kontainer kapal.
  • Kapal kecepatan tinggi.
  • Kapal selam.
  • VLCCs (Very Large Crude Carriers).
  • Kapal operator massal.
  • Struktur lepas pantai.
  • Mesin dan peralatan kelautan.

Kawasaki – Fasilitas Plantasi Energi

Semakin melebar lagi perusahaan Kawasaki juga menawarkan mesin turbin gas berkinerja tinggi. Perusahaan ini juga terlibat dalam pengembangan sumber-sumber energi baru sebagai alternatif bahan bakar fosil seperti generasi tenaga angin, pembangkit listrik biomassa, sistem fotovoltaik, dan baterai isi ulang.

Produk Utama

  • Small and medium-sized gas turbine generators
  • Gas turbine cogeneration systems
  • Gas Engines
  • Wind turbine generators
  • Ash handling systems
  • Combined cycle power plants
  • Nuclear power plant equipment
  • Boilers
READ  Spesifikasi dan Harga Yamaha Mio 2021

Kawasaki juga mengembangkan dan membangun scopan yang luas dari industri mesin dan peralatan, termasuk semen, kimia dan plantasi non besi, penggerak utama dan mesin presisi yang compact. Ini juga menawarkan industri planting untuk rekayasa desain dan penjualan. Kawasaki juga mengembangkan sistem otomatisasi. Robot-robot industri untuk proses seperti perakitan, penanganan, pengelasan, lukisan dan penyegelan, serta sistem otomatisasi untuk distribusi dan logistik seperti produk otomatis dan kargo-sistem penanganan untuk plantasi mesin di bandara.

Kawasaki terlibat dalam pengembangan peralatan yang mencegah polusi di berbagai industri. Di antara produk terkemuka bahan bakar gas dan sistem desulfurisasi, denitrifikasi, dan sistem penanganan debu polusi. Perusahaan ini juga memasok pabrik insinerasi sampah di berbagai kota, gasifikasi dan sistem pencairan, pengolahan limbah, dan insinerasi tanaman lumpur.

Kawasaki juga telah mengembangkan sistem yang memungkinkan berbagai limbah kota dan industri untuk dipulihkan, didaur ulang dan dimanfaatkan menjadi produk baru. Sistem tersebut termasuk mengolah kertas bekas dan plastik bekas untuk diproduksi menjadi bahan bakar yang solid. Dan peralatan yang mengubah ban lama ke kembali lagi ke jalan raya atau menjadi bahan paving dan ubin, dan juga mesin yang menyortir macam botol kaca dengan ukuran dan warna

Kawasaki Motors

Inilah Kawasaki sebagaimana yang kita kenali di Indonesia yang memproduksi sepeda motor, jet ski, ATV, dan mobil. Sepeda motor Kawasaki yang sampai ke telinga kita termasuk motor sport Ninja. Selain motor sport, juga sepeda motor untuk motorcross, serta kendaraan utilitas, ATV dan kendaraan lain dengan yang berbahan bakar bensin.

Kawasaki juga memproduksi “Jet Ski” dan telah menjadi merek dagang ternama untuk semua jenis watercraft pribadi. Begitulah kiranya, besaran Kawasaki yang sampai saat ini terlihat ‘kecil’ di mata orang Indonesia yang lebih mengenal Honda, Toyota, atau Mitsubishi.