Honda CB, Cikal Bakal Kebesaran Honda

Jika Anda pecinta Honda dan merupakan salah satu yang sangat fanatik Honda, tentu Anda tak asing dengan nama Soichiro Honda dan motor Honda CB. Tokoh tersebut mulai memproduksi sepeda motor pada 1946 untuk memenuhi kehausan akan transportasi murah dalam perang Jepang yang menghancurkan. Honda mulai usahanya dengan memasang mesin militer di sepeda. Ketika Honda menjadi lebih kaya, dia mendesain sendiri mesin 50cc pada sepeda.

Sepeda motor pertama yang benar-benar menampilkan desain motor Honda dan berangka mulai diproduksi pada 1949. Sepeda motor pertama itu dikenal dengan Model D atau Dream. Keberhasilan model ini dengan cepat diikuti oleh model J Benly.

Awal Mula Kiprah Honda

Kisah Honda sebenarnya diawali di Yamahigashi, Jepang pada 17 November 1906. Pada hari itu, Soichiro lahir dari pasangan Gihei dan Mika Honda. Gihei adalah pandai besi lokal dan Mika adalah penenun.Gihei Honda mengenalkan minat pada peralatan mekanik pada anaknya sedari kecil. Soichiro, sebagai anak yang membantu ayahnya untuk memperbaiki mesin pertanian dan membangun mainannya sendiri.

Dia menjadi akrab dengan mesin bensin dengan mempelajari mesin bertenaga kecil pabrik beras setempat. Honda mulai meningkatkan kemampuan mekaniknya dengan bekerja pada sepeda yang ayahnya mulai jual. Pada 1922, Honda sudah siap untuk mengerjakan sesuatu yang lebih sulit dan pada usia 15 tahun, dia pindah ke Tokyo dan mulai bekerja pada sebuah bengkel mobil.

Mulai sebagai tenaga magang, Honda berkembang menjadi seorang mekanik yang sangat terampil. Ketika Honda berusia 17 tahun, dia dipercaya menjadi montir pembalap Jepang terkanal Shinichi Sakibahara. Atas keterampilannya, tim balap Jepang memenangkan Chairman Trophy.

Empat tahun setelah kemenangan tersebut, Honda membuka sendiri bengkel di Hamamatsu tempat dia melanjutkan untuk meningkatkan keterampilan mekanik dan mesinnya. Soichiro Honda mulai memproduksi sepeda motor di Jepang setelah Perang Dunia II untuk memenuhi kebutuhan warga akan transportasi murah. Sepeda motor Honda pertama yang menggabungkan desain motor dan rangka buatan Honda diproduksi pada 1949. Sepeda motor itu disebut dengan Model D untuk Dream.

READ  Kelebihan dan Kelemahan Produk Yamaha Motor

Kesuksesan model ini dengan cepat diikuti oleh model J Benly. Honda menginginkan untuk menjual sepeda motor yang lebih bertenaga yang mengarah pada 146cc berkatup empat E-Tipe Dream. Sepeda motor ini mampu menghasilkan 5 ½ tenaga kuda dengan kecepatan puncak 50 mph. Sepeda motor hasil rancangan Honda ini memiliki rangkan dan suspense pada kedua rodanya.

Pada 1952, Honda mulai memproduksi Cub. Cub memiliki ½ tenaga kuda, 50cc, mesin dua katup. Dalam setahun, sepeda motor kecil tersebut diproduksi rata-rata 6500 unit per bulan. Aliran dana yang stabil dari model populer ini menyediakan sumber daya keuangan untuk mengamankan masa depan perusahaan. Pada 1953, Honda mulai memproduksi sepeda motor empat katup tunggal yang menampilkan kecanggihan lebih. Sepeda motor kecil ini juga disebut dengan Benly dan menampilkan tiga kecepatan. Rangka baja tekan, suspensi depan dengan mesin dan lengan ayun, serta suspensi depan teleskopik, dan menghasilkan 3,8bhp.

Revolusi dalam industri sepeda motor dimulai pada 1958 ketika Honda membawa C100 Super Club ke pasar Amerika. Ini adalah sepeda motor Honda pertama yang dijual di Amerika Serikat. Langkah kecil melalui rancangan yang mudah dikendarai dan dapat diandalkan. Sepeda motor ini menjadi kampanye pemasaran terkenal “Anda bertemu orang-orang baik di Honda” yang membuat sepeda motor C100 menjadi sepeda motor dengan penjualan terbaik sepanjang waktu.

Lebih dari 30 juta sepeda motor dibuat. Honda menarik perhatian internasional melalui model-model CB-nya. Ini termasuk CA72 (250cc) dan diikuti oleh CA77 (305cc). Mesin kembar terbukti sangat handal, namun rangka baja yang dilas di nilai buruk pada kecepatan tinggi.

Kinerja dan penanganan meningkat ketika perusahaan membaut mesin kembar sejajar kecil dan menambahkan karburator kembar untuk mendapatkan tenaga lebih. Sepeda motor ini dikenal dengan Honda CB72 dan Honda CB77 model super hawk. Dengan uang yang masuk dari penjualan c100, Honda mengalihkan perhatiannya pada balap. Mereka mengejutkan dunia pada 1961 dengan memenangkan balapan di Isle of Man. Rahasia mereka adalah mesin 125cc 5 silinder yang mampu mencapai kecepatan 22.000 rpm tanpa terpisah. Sepeda motor ini paling cepat dibandingkan sepeda motor di kelasnya.

READ  Kawasaki Bukan Hanya Pabrikan Motor

Seiring dengan terus berjalannya waktu, sepeda motor terus mengalami perkembangan baik dari segi desain dan kecepatan motor. Sepeda motor pertama yang meraih kesuksesan penjualan pertama dari usaha meningkatkan kemampuan motor ber cc besar adalah Honda CB450 yang disebut dengan black bomber.

Seri Honda CB

Salah satu barisan sepeda motor Honda yang paling banyak modelnya adalah Seri Honda CB. Banyak sekali model-model Honda CB dijual sebagai angkutan komuter atau penjelajah. Semua seri sepeda motor Honda CB memiliki mesin di dalam rangka. Model Honda CB terkecil juga terkenal di balapan sepeda motor tua.

Sepeda motor sport Honda dengan mesin di dalam dijual sebagai seri CBR. Berikut merupakan seri-seri Honda CB yang terkenal dan mungkin Anda miliki atau lihat di jalanan.

  • Jenis Honda CB50, juga dikenal dengan Honda Dream CB50 bermesin 50 cc dengan silinder tunggal, empat langkah.
  • Jenis Honda CBS90, diproduksi pada 1967 dengan kapasitas mesin 89cc OHC silinder tunggal. Transmisinya adalah 4 kecepatan dengan kopling manual.
  • Jenis Honda CB100 Super Sport terdiri atas 3 seri yaitu Honda CB 100KO (1970), bermesin tunggal 99cc OHC dan memiliki 5 kecepatan. Nomor serinya diawali dengan CB100 – 100001. Honda CB100K1 (1971) bermesin 99cc OHC dan memiliki 5 kecepatan. Nomor seri awali CB100-200001. Honda CB100K1 (1972) dengan nomor seri diawali CB100 – 1200001.
  • Jenis Honda CB100N bermesin tunggal dengan kecepatan puncak mencapai 96,6 km/jam melalui 5 kecepatan.
  • Jenis Honda CB 125 adalah sepeda motor 122cc yang dibuat Honda dari 1971-1975.
  • Jenis Honda 125 Benly Super Sport CB92R diproduksi pada 1959 sampai 1964.
  • Jenis Honda CB175 adalah sepeda motor standa ryang dibuat Honda dari 1969 sampai 1973.
  • Jenis Honda CB200 adalah sepeda motor jalanan yang diproduksi antara 1973 dan 1976. Sepeda motor ini menggantikan model Honda CB 175 dan memiliki kesamaan spesifikasi.
  • Jenis Honda CB250RS merupakan sepeda motor 250cc yang dirancang untuk penggunaan di jalan. Sepeda motor ini diproduksi sampai dengan pertengahan 1980-an.
  • Jenis Honda CB77 Super Hawk adalah sepeda motor Honda 2 silinder dengan 305 cc yang diproduksi dari 1961 sampai 1967. Honda juga memproduksi sebuah versi 247cc yang dikenal dengan CB72 DreamSport. Honda CB77 juga dikenal dengan Honda Super Hawk atau Honda305.
  • Jenis Honda CB350 diproduksi HOnda pada 1968 sampai 1973 berkapasitas 325,6 cc.
  • Jenis Honda CB360 merupakan sepeda motor silinder ganda empat keceptan yang diproduksi dari 1974-1976.
  • Jenis Honda CB400 Speed Four awalnya dirilis pada 1992 hanya untuk pasar Jepang saja. Tetapi kemudian dikenalkan ke pasar Australia pada 2008. Honda CB400 merupakan sepeda motor segala medan yang sporty dan ramah pada pengendara karena mudah dikendarai.
  • Jenis Honda CB450 merupakan sepeda motor besar pertama Honda dengan 444cc yang mampu menghasilkan 43-45 tenaga kuda. Muncul pertama kali pada 1965 dengan model KO empat kecepatan. KO model juga sering dikenal dengan model “Black Bomber” di Amerika Serikat. Di Kanada, model K1 ini dipasarkan dengan nama Hellcat.
  • Jenis Honda CB 500 four awal dikenalkan pada 1970an memiliki kesamaan gaya dengan CB750 tetapi lebih kecil dan lebih ringan.
READ  Zero Motorcycles

Keunikan dan kelangkaan Honda CB terutama untuk model-model klasik menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemilik. Karena Honda CB merupakan salah satu jenis sepeda motor yang memiliki rekam sejarah sepeda motor yang unik. Dewasa ini, banyak pemilik yang melakukan restorasi pada Honda CB-nya dengan berbagai aliran modifikasi.

Tentu bagi Anda penyukan banrang langka dan bagus akan merawat si kuda besi Honda ini dngan sangat hati-hati bukan? Karena semakin bagus dan langka, harganya pun akan ikut bagus dan langka bukan?Jadi model Honda CB apa yang Anda Miliki?

Tags: