Honda Beat – Irit, Gesit, Nyaman dan Bertenaga

Inilah kesan pertama yang terucap ketika mengendarai Honda Beat : irit, gesit, nyaman dan bertenaga. Motor matic mungil kebanggan produsen otomotif Honda ini telah banyak menggaet hati pengguna sepeda motor. Bukan hanya kaum hawa, para pria pun banyak yang lebih memilih Honda Beat daripada motor matic lain yang telah diluncurkan terlebih dahulu.

Praktisnya Honda Beat

Sepeda motor Matic yang pada umumnya berbody sexy dengan lekukan feminin, kini dipangkas habis oleh Honda menjadi super ringkas dan kelihatan ototnya. Itulah Honda Beat. Lekukan feminin sudah diminimalkan pada Honda Beat. Rangka besi dan mesinnya terjepit rapat dan rapi oleh body yang benar-benar dibuat se-ringkas mungkin. Lelaki pun tidak malu lagi memakai motor matic ini, bahkan bangga dengan kesan praktis dan berototnya Honda Beat.

Body Honda Beat yang praktis ini sangat nyaman dikendarai di kemacetan kota, gesit memasuki lorong kampung yang sempit dan melalui jalan setapak di desa yang hanya selebar langkah orang dewasa saja. Honda beat bisa diandalkan oleh siapapun dari anak sekolah, mahasiswa, guru, ibu-ibu, bahkan eksekutif sekalipun.

Kenyamanan Honda Beat

Honda Beat dibuat ringkas dan rapi, namun tetap nyaman dikendarai. Tidak percaya? Coba saja dibuktikan. Jok spon Honda Beat yang empuk didesain memanjang dengan sedikit bertingkat sehingga muat digunakan berboncengan 2 orang dewasa dan 1 anak kecil di tengah. Dengan sedikit dipaksa, ditambah 1 anak kecil lagi di depan pun tetap bisa.

Honda Beat dilengkapi dengan 1 buah suspensi belakang yang kokoh namun lentur yang mampu melayani 2 orang penumpang sekalipun. Kekokohan suspensi belakang ini tidak perlu diragukan lagi. Apabila dibandingkan dengan suspensi motor matic yang lain, barulah kelihatan kekokohan fisiknya.

Honda Beat tetap nyaman dikendarai meskipun harus melewati medan bergelombang. Meskipun terkesan kecil dan ramping, Honda Beat tetap bisa dikendalikan dengan nyaman. Hal ini disebabkan Honda Beat didukung oleh suspensi depan teleskopik dan rem cakram, kemanan dan kenyamanan menjadi pertimbangan utama. Rem cakram depan Honda Beat didukung oleh rem tromol belakang yang mampu menghentikan laju motor dengan mudah dan tetap stabil.

READ  Honda CB, Cikal Bakal Kebesaran Honda

Pengendara tidak akan dibuat capek pada punggung dan lengannya sekalipun menggunakan Honda Beat dalam perjalanan yang jauh dan lama. Tidak perlu khawatir mengendarai Honda Beat di jalan pedesaan. Jarak terendah ke tanah Honda Beat tergolong tinggi dibandingkan motor matic lainnya, yaitu 156mm. Jarak ini tergolong sangat tinggi untuk kelas motor matic yang pada umumnya memiliki jarak terendah sekitar 130mm-140mm.

Polisi tidur pun bisa dilalui dengan mudah oleh Honda Beat tanpa ada bodi bagian bawah yang harus tersangkut. Jarak terendah dari tanah yang panjang inilah yang dari dulu dicari oleh pengendara motor matic. Ban depan Honda Beat menggunakan ukuran 80/90 14-M/C 40P. Sedangkan ban belakang Honda Beat menggunakan ukuran 90/90 14-M/C 46P sebagaimana ban motor bebek pada umumnya. Inilah yang menjadikan Honda Beat memiliki jarak terendah dari tanah yang paling tinggi di antara matic lainnya.

Plus, ada kelebihan lain. Tidak perlu khawatir jika harus menambal ban atau mengganti ban dalamnya, karena ukuran ban Honda Beat ini adalah ukuran ban yang standar dan paling umum di Indonesia. Hampir setiap tukang tambal ban memiliki ban cadangan ukuran ini. Petani di pedesaan dan di perkebunan pun sekarang banyak yang merasa terbantu dengan kehadiran Honda Beat.

Mesin Honda Beat

Performa Honda Beat benar-benar memuaskan. Dengan mesin 4 tak 108cc berpendingin udara, Honda Beat memiliki performa mesin yang handal. Pendingin udara memanfaatkan aliran udara dari arah depan motor yang menghempas dan dialirkan oleh body motor agar langsung menerpa mesin dengan efektif.

Selain memanfaatkan hembusan angin, Honda Beat masih dilengkapi pendingin kipas yang berada di samping mesin yang bekerja membuang panas mesin keluar dan menggantinya dengan angin baru yang lebih segar. Sistem pendinginan inilah yang banyak membantu agar mesin Honda Beat tetap bisa bekerja optimal dalam pemakaian kecepatan tinggi maupun dalam keadaan menghadapi kemacetan kota.

READ  Kekurangan Honda Vario 150 Terbaru

Honda Beat memerlukan biaya perawatan periodik yang lebih murah. Volume mesin Honda Beat tergolong lebih kecil dari pesaing-pesaingnya. Hal ini berpengaruh kepada biaya penggantian olie mesin Honda Beat yang lebih murah. Pada penggantian oli secara periodik, Honda Beat cukup diisi dengan 0,7 liter oli mesin. Sedangkan motor matic pesaingnya lamgsung, paling sedikit harus mengganti olie mesin sebanyak 0,8 liter.

Konsumsi bahan bakar Honda Beat tetap mengusung ciri khas produk motor Honda lainnya, yaitu tergolong sangat irit. Meskipun masih menggunakan sistem karburator (SOHC) dalam menyuplai bahan bakar, namun keiritan Honda Beat bisa dihandalkan. Keiritan itu masih tetap diimbangi dengan performa mesin yang hebat karena pengapian Honda Beat menggunakan sistem CDI yang mampu memberikan listrik dengan sempurna dan stabil.

Biarpun irit, Honda Beat ternyata memiliki performa mesin yang lebih unggul dari pesaing-pesaingnya. Dengan perbandingan kompresi 9,2:1, mesin Honda Beat memiliki torsi maksimum sebesar 0,85kgf/m / 5.500 rpm. Daya maksimum yang dihasilkan pun cukup besar yaitu 8.22ps / 8.000 rpm. Sekali lagi, performa ini masih jauh di atas pesaing langsungnya yang justru terkenal dengan konsumsi bahan bakarnya yang sangat boros.

Dengan kapasitas tangki bahan bakar 3,7 liter, Honda Beat mampu dibawa dalam perjalanan jauh dengan jarak tempuh 185 km (1 liter : 50 km). Bahkan Honda meng-klaim bahwa Honda Beat bisa digunakan dengan perbandingan 1 liter bensin untuk perjalanan sejauh 73 km pada kondisi penggunaan di jalanan normal. Klaim itu sudah dibuktikan pada acara Econo Riding with Honda yang diliput langsung oleh media Motor Plus edisi 487 tanggal 28 Juni 2008.

Fitur Keamanan Honda Beat

Ada beberapa fitur menarik yang dimiliki Honda Beat yang tentu tidak dimiliki pesaing langsungnya. Fitur yang bertujuan memberi keamanan kepada pengendara itu antara lain:

Parking brake lock, merupakan teknologi yang mengaplikasikan fungsi hand rem pada mobil, sehingga Honda Beat akan tetap diam meskipun diparkir di jalan miring. Teknologi mekanik ini hanya diterapkan pada motor matic Honda saja.

READ  All New Honda Beat eSP

Side stand switch. Honda Beat tidak akan bisa menyala ketika di-start mesinnya pada saat standard samping masih terpasang. Hal ini disebabkan, Honda Beat dilengkapi swith atau saklar dimana dia akan berada pada posisi off jiak standard samping terpasang. Untuk bisa menyalakan Honda Beat, standard samping ini harus dikembalikan pada posisi tidak terpasang, kemudian tuas rem ditekan, baru tombol start ditekan.

Secure Key Shutter. Teknologi mekanik pada kunci starter Honda Beat ini sebetulnya sudah mulai dikembangkan di Indonesia pada tahun 2014 pada motor bebek yang lain. Namun kemajuan demi kemajuan atas inovasi ini terus berlanjut, salah satunya pada Honda Beat. Secure Key Shutter memberikan keamanan ganda pada sepeda motor karena secara otomatis rumah kunci akan menutup ketika kunci dicabut. Rumah kunci itu hanya bisa terbuka dengan menempelkan kunci aseli pada lubang rumah kunci pada motor. Sifat magenitk yang dipasang pada Secure Key Shutter Honda Beat akan mendeteksi keberadaan medan magnet pada kunci aseli, sehingga lubang kunci pada motor akan terbuka secara otomatis. Secure Key Shutter pada Honda Beat juga memiliki fitur tersendiri yaitu menyala ketika berada di dalam ruangan yang memiliki sedikit cahaya atau biasa disebut glow in the dark.

Begitu banyak keunggulan-keunggulan yang dimiliki Honda Beat yang bisa didapat konsumen dengan harga cukup murah. Penjualan sepeda motor Honda di Indonesia yang sempat terpuruk menjadi nomor dua, telah terdongkrak kembali ke peringkat atas karena kehadiran Honda Beat. Bahkan, pada bulan November 2021, Honda mencatat penjualan domestik tertinggi dengan jumlah 412.658 unit.

Produksi, penjualan dan distribusi terbesar dalam satu bulan ini telah tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI). Sekali lagi, penjualan Honda Beat telah menyumbang banyak atas tercapainya rekor itu. Tidak salah jika banyak pengguna motor memilih memiliki Honda Beat karena begitu banyak keuntungan yang bisa didapat dari Honda Beat yaitu benar-benar irit, gesit, nyaman dan bertenaga.

Tags:,