Helm Pengaman

Helm sudah lazim digunakan sejak zaman Yunani kuno. Pada saat itu, helm digunakan untuk melindungi kepala dari serangan musuh. Helm identik dengan keaadan perang. Memang pada zaman itu, helm banyak digunakan oleh para prajurit pada saat sedang berperang.

Efektivitas helm tidak diragukan lagi. Helm dapat menangkal serang musuh khususnya untuk daerah sekitar kepala. Karena manfaatnya itu, helm kian marak digunakan sebagai bagian penting dari peperangan. Bedanya, saat itu, namanya mungkin bukan helm. Ada istilah lain yang digunakan.

Para prajurit dilengkapi perlengkapan yang prima dalam melakukan peperangan khususnya helm atau pelindung kepala. Pada saat itu, sebenarnya fungsi helm sebagai pelindung kepala sudah dikenal. Namun demikian, dengan kecerdasan yang dimiliki manusia, penggunaan helm sedikit bergeser.

Peluru dan meriam menjadi salah satu penyebab mengapa penggunaan helm ketika itu sedikit bergeser. Tidak lagi dipandang efektif untuk menghalau tebasan musuh, helm pun akhirnya tergeser kalah superior oleh meriam dan senapan. Namun, pada akhirnya, penggunaan helm untuk perang kembali mencuat karena fungsinya untuk menghalau serpihan-serpihan akibat peluru.

Bentuk dan Desain Helm

Helm sesuai dengan fungsinya sebenarnya untuk mengurangi risiko akibat benturan antara kepala dengan benda lain seperti pada kecelakaan. Oleh karena itu, desain utama dari helm diutamakan untuk mengakomodasi tujuan tersebut. Material yang digunakan untuk memproduksi pun harus memiliki karakteristik kekuatan tertentu. Selain itu, material helm juga didesain seringan mungkin, agar ketika pemakaian tidak memberatkan pengguna.

Anda tentunya pernah melihat bentuk desain badan mobil, bukan? Pernahkah di antara Anda berpikir mengapa bentuk tersebut dipilih? Bila jawaban Anda adalah untuk mengakomodasi peristiwa aerodinamika, maka Anda tepat seratus persen. Bila ditilik lebih dalam, sebenarnya tidak hanya mobil dan pesawat terbang yang didesain sebaik mungkin dari aspek aerodinamis.

Begitu juga helm, desainer helm akan membuat agar gerak udara yang melalui bagian tubuh pengguna helm tidak terganggu, terlebih pada bagian kepala. Bentuk aerodinamis helm dirancang untuk memudahkan aliran udara yang mengalir di sekitar helm tersebut. Salah satu tujuan yang diharapkan adalah meningkatkan akselerasi pengendara.

READ  Harga Motor Honda

Dengan bentuk yang aerodinamis, hambatan udara yang mengalir pun akan semakin kecil. Dengan hambatan yang kecil tersebut, akan meningkatkan kemungkinan akselerasi yang lebih besar. Selain itu, bentuk helm yang aerodinamis, akan meningkatkan tingkat keselamatan pengendara.

Mengapa bentuk helm yang aerodinamis akan meningkatkan keselamatan? Secara langsung memang tidak berhubungan. Namun, bila dirunut lebih jauh lagi, ada hubungan bentuk helm yang aerodinamis dengan keselamatan pengendara. Bentuk helm yang aerodinamis akan mengurangi hambatan udara.

Pengurangan hambatan udara tersebut akan meningkatkan performa pengendara terutama ketika hendak bermanuver. Maneuver yang sempurna tentu saja menghindari adanya bentuk kesalahan manusia yang pada akhirnya meningkatkan keselamatan tersendiri. Berbicara mengenai keselamatan, desain material dari helm pun dirancang agar memenuhi standar safety.

Telah disinggung di awal, material yang digunakan untuk lapisan luar harus tahan dari benturan. Selain itu, karakteristik lain yang diinginkan adalah material yang digunakan haruslah ringan. Lalu, bagaimana dengan bagian dalam helm? Bagian dalam helm bersentuhan langsung dengan bagian tubuh pengguna terutama kepala.

Selain aspek kenyamanan pada saat penggunaan, aspek lainnya tentunya aspek keselamatan itu sendiri. Desain material pada bagian dalam helm mengharuskan tidak terdapat bahan-bahan kasar sehingga melukai kepala atau kulit. Selain itu, campuran bahan kimia yang ada di bagian dalam helm akan memiliki dampak yang cukup signifikan.

Zat kimia yang terdapat pada bagian dalam helm akan menjadi sumber polutan. Terdapat beberapa jalur masuk zat kimia masuk ke dalam tubuh. Pada kasus helm ini, jalur masuk yang paling mungkin adalah melalui inhalasi oleh hidung.

Semakin banyak zat yang diisap oleh hidung, semakin besar pula risiko yang ditanggung oleh si pengguna helm. Oleh karena itu, disain material bagian dalam helm harus aman dan memenuhi batas ambang yang diizinkan.

READ  Kelebihan Dan kekurangan Jupiter MX

Populasi Motor Meningkat, Permintaan Helm Melonjak

Dewasa ini, amat mudah bila seseorang ingin memiliki sebuah sepeda motor. Maka tak heran bila jalanan dipadati sepeda bermesin ini. Bak semut mengerubuti sumber gula, sepeda motor menjadi alat transportasi primadona masyarakat Indonesia. Lalu, apa hubungannya dengan helm. Tentu saja terdapat hubungan yang mesra antara pertumbuhan populasi motor dengan permintaan helm.

Peraturan lalu lintas mewajibkan setiap pengguna sepeda motor untuk menggunakan helm. Bila pertumbuhan jumlah pengguna sepeda motor meningkat, maka otomatis permintaan helm pun akan meningkat. Helm sebagai alat pengaman, bisa menjadi kebutuhan primer bagi para pengendara motor.

Bisnis yang berkaitan dengan helm dan sepeda motor pun tentu saja akan menjamur. Misalnya saja penjualan helm, stasiun pencucian helm, atau outlet-outlet khusus yang menawarkan desain gambar unik untuk helm. Menarik bukan? Tidak hanya sebagai alat pengaman, helm telah bertransformasi menjadi sumber inspirasi bisnis.

Helm akan didesain semodis mungkin untuk memenuhi permintaan para pengguna motor. Kini, helm tidak lagi berfungsi sebagai alat pelindung. Salah satu contoh penggunaan kacamata tambahan pada helm. Kacamata ini sebenarnya memiliki fungsi teknis untuk menghalangi sinar matahari yang menerpa wajah.

Namun, selain aspek teknis yang ditonjolkan, sebenarnya ada pesan modis di balik desain kacamata tersebut. Contoh lain adalah penggunaan warna-warna yang tidak lagi melulu hitam. Anda akan mudah menemui beragam corak warna mulai dari putih hingga pink. Perpaduan warna juga akan dapat ditemui. Warna helm Merah, kuning, hijau, biru, seperti pelangi akan memperindah jalanan kota.

Bisnis desain warna helm dan gambar juga menjamur. Anda cukup memikirkan karakter atau gambar apa yang ingin Anda tampilkan pada helm Anda. Maka dengan cekatan desainer gambar tersebut mengabulkannya. Itu semua dilakukan hanya untuk Anda. Menarik bukan!

READ  All-new Honda CBR250R Diluncurkan

Helm, Pengaman atau Pengganggukah?

“Males ahh pake helm, mengganggu penampilan aje”. Pernahkah Anda temui atau setidaknya mendengar pendapat di atas? Tuntutan keselamatan dan semakin sadarnya masyarakat Indonesia akan gaya hidup modis memang dua sisi yang perlu dicari solusinya. Setidaknya fungsi utama helm sebagai pengaman tidak tergantikan hanya untuk sekadar tampil modis ketika berkendara.

Bayangkan, bila Anda mementingkan tampil modis dan mengesampingkan keselamatan Anda dengan tidak menggunakan helm. Risiko yang ditimbulkan bisa saja sangat fatal. Anda tidak bisa lagi tampil modis, bahkan Anda bisa saja beralih ke alam lain (tewas).

Memang kontroversi mengenai penggunaan helm akan terus berlanjut. Namun, beberapa pengusaha menangkap fenomena itu sebagai peluang bisnis. Mereka menangkap ada kebutuhan masyarakat akan helm modis. Baik itu dari segi disain bentuk helm, maupun tampilan luar helm. Tentu saja desain ulang bentuk dan tampilan helm tidak bisa mengesampingkan aspek teknis seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya.

Helm Untuk Keselamatan Pekerjaan Anda

Tidak hanya untuk pengendara motor, helm kini juga digunakan untuk beragam pekerjaan. Penggunaan helm untuk bekerja adalah kewajiban. Perusahaan berkewajiban untuk menyediakan helm dan alat pengaman pekerjaan lain. Alat-alat pengaman tersebut disebut juga dengan Alat Pengaman Diri (APD) atau disebut juga dengan Personal Protective Equipment (PPE).

Kewajiban penggunaan helm akan sangat bergantung dengan jenis pekerjaannya. Biasanya pekerjaan-pekerjaan yang berisiko terhadap kepala seperti pertambangan mineral dan minyak dan konstruksi diwajibkan penggunaannya. Sanksi untuk pelanggar aturan ini bisa dilakukan secara represif baik itu oleh regulator maupun perusahaan.

Perusahaan biasanya akan menindak tegas para pelanggar. Risiko yang ditimbulkan akan sangat “mahal” bila kecelakan sudah terjadi. Jadi, apakah Anda peduli pada keselamatan Anda? Pergunakan helm untuk keselamatan diri Anda sendiri.

Tags:,