CBR – Simbol Kegagahan Honda

Honda CBR merupakan salah satu jenis kendaraan yang cukup banyak diminati oleh masyarakat. Dengan tampilan yang menarik, CBR memikat hati para pecinta otomotif. Berkendara merupakan kebutuhan yang pada zaman sekarang ini memiliki peranan yang cukup penting, dan CBR sudah lebih dari sekadar kebutuhan, CBR sudah seperti gaya hidup bagi para pemiliknya.

CBR – Salah Satu Produk Honda

Sebagai sebuah perusahaan otomotif dengan skala yang cukup besar, Honda terus berinovasi menghadirikan banyak jenis kendaraan baru yang semakin bisa menjawab kebutuhan zaman. Salah satu produk hasi inovasi yang dilakukan Honda tanpa henti adalah CBR.

Para penggila segala jenis otomotif, terutama motor, mendengar nama CBR pasti sudah tidak asing lagi. Hal pertama kali yang terlintas di pikiran mereka pasti adalah sebentuk motor dengan ukuran besar dan kesan maskulin yang cukup kental. Ya, CBR memang merupakan salah satu sepeda motor produk Honda dengan spesifikasi fisik yang kurang lebih seperti itu.

Honda Motor Company Ltd adalah perusahaan besar dibalik terciptanya Honda CBR. Sebuah perusahaan besar yang juga menghasilkan produk berbentuk besar. Perusahaan otomotif besar asal Jepang ini memiliki “nama asli” Hona Giken Kogyo. Layaknya sebuah perusahaan otomotif, Honda memroduksi banyak sekali jenis kendaraan, seperti mobil, truck, sepeda motor, dan skuter.

Selain aneka jenis kendaraan yang biasa digunakan oleh masyarakat secara umum, seperti CBR, Honda juga banyak memroduksi mesin-mesin untuk perlengkapan industri, peralatan pertukangan, generator listrik dan kendaraan yang bisa digunakan untuk berbagai medan seperti ATV.

Perusahaan yang melahirkan CBR dan mengenalkannya kepada masyarakat luas ini didirikan pada 24 September 1948. Pendirinya adalah Soichiro Honda. Seorang lelaki yang sejak kecil memang sudah akrab dengan kehidupan reparasi berbagai mesin. Pengalamannya bekerja sebagai karyawan bengkel di Jepang sedikit banyak memberinya bekal pengetahuan tentang dunia otomotif.

Kecintaan pendiri Honda kepada dunia otomotif ditunjukkan bukan hanya dari jenis pekerjaan yang digelutinya. Penggagas berbagai produk Honda, dan CBR selah satunya ini juga menyenangi dunia balapan. Dunia balapan yang disenanginya tersebut kemudian membuat Honda cedera, ia pun memutuskan untuk berhenti dari dunia balap dan mulai menekuni bisnis otomotifnya.

READ  Harga NEW YZF R25 - ABS Terbaru

Awal produksinya, Honda tentu belum memulai menciptakan CBR. Benda yang pertama kali dia produksi adalah cincin piston. Ia bahkan sempat menjual produknya tersebut pada Toyota. Tiga tahun kemudian setelah perintisan karir, Honda mulai memroduksi sepeda motor sebagai komoditi perusahaan otomotifnya yang pertama.

Perusahaan yang dipegangnya tersebut melaju dengan cukup pesat. Produk-produknya banyak digunakan oleh masyarakat dunia, termasuk CBR. Hasil penjualan berbagai produk sepeda motornya pun merupakan yang terlaris di dunia. Perjalanan karir Honda terhenti ketika pada 1991, Honda meninggal akibat gagalnya fungsi hati.

Keberhasilan produk-produk Honda, termasuk CBR di dalamnya berhasil “melindas” produk-produk dari pesaingnya. Pada 2001 lalu, produksi mobil Honda bahkan berhasil menggeser posisi mobil produksi Nissan di Jepang. Honda juga berhasil menggeser posisi Chrysler untuk pasar Amerika Serikat.

Mengulas tentang CBR pasti tidak lepas dari mengulas kesuksesan Honda,. Bagaimanapun keadaannya, CBR merupakan salah satu produk Honda yang juga ikut mengantarkan Honda menuju puncak kesuksesan. Khusus di Indonesia produk-produk Honda berupa kendaraan jenis sepeda motor merupakan produk dengan hasil penjulanan tertinggi, dan CBR salah satunya.

Perusahaan ini memiliki markas besar di Tokyo. Dengan jumlah saham yang menyebar hingga ke Benua Eropa. Perusahaan-perusahaan Honda juga terdapat di luar Jepang. Produk-produk dari Honda, seperti CBR kini bukan hanya ramai diproduksi di Jepang.

CBR – Simbol Kegagahan Honda

Siapa yang meragukan kesan gagah dari motor produksi Honda yang satu ini. CBR memang hadir untuk membuat banyak orang kagum dengan bentuknya yang besar, performa yang menawan, terkesan high class dan sangat maskulin.

READ  Penampilan Motor Lebih Gaya dan Modern?

Desain CBR yang berbeda dengan sepeda motor kebanyakan memang sengaja diciptakan untuk menampilkan kesan yang sangat pria. Honda menciptakan CBR untuk melengkapi berbagai produknya. Tidak puas dengan mobil yang memiliki spesifikasi canggih, motor-motor “bergenre” olahraga pun diluncurkan.

CBR merupakan sepeda motor seri Honda yang memang sengaja diciptakan sebagai sport bike. Beberapa model dari CBR yang terkenal karena kesan sport bike-nya adalah 400RR, 600RR, 900RR, 929RR, 954RR, dan 1000RR. Akhiran RR pada jenis sepeda motor CBR tersebut menunjukkan ukuran mesin yang digunakan.

Semua tipe dari produk sepeda motor CBR memiliki mesin inline. Sistem mesin inline ini merupakan sistem mesin pembakar yang terletak di dalam sepeda motor dengan silinder sejajar. Mesin yang digunakan Honda untuk produk CBR ini ternyata juga digunakan untuk mesin mobil, lokomotif, dan pesawat terbang. Namun, tidak semua produk CBR menggunakan mesin inline, seperti CBR 125.

Tipe Honda CBR

CBR merupakan kode untuk sport bike yang dimiliki oleh Honda. Honda CBR pun kemudian dibedakan menjadi beberapa tipe atau seri. Berikut ini adalah beberapa tipe Honda CBR yang beredar di pasaran.

1. Honda CBR 125R
Honda CBR 125R merupakan motor sport milik Honda yang memiliki mesin 125cc empat stroke. Pertama kali muncul pada 2004 lalu. CBR 125R diciptakan di Thailand. Honda CBR 125R juga dilengkapi dengan liquid-cooled empat-stroke, dua-katup, mesin SHOC silinder tunggal 124,7cc.

Model dari CBR 125R ini mirip dengan CBR 600RR. Untuk melengkapi performanya, CBR 125R dilengkapi dengan karburator dalam sistem bahan bakarnya. Perubahan pun terjadi pada CBR 125R ini. Terutama berkenaan dengan sistem injeksi bahan bakar.

2. Honda CBR 150R
CBR tipe 150R ini merupakan motor empat stroke yang juga diproduksi di Thailand. Motor ini diproduksi pada 2002 dan mulai dipasarkan di kawasan Asia seperti Jepang, Indonesia, Filipina, Singapura dan Malaysia.

READ  Vespa Indonesia Unik Dan Legendaris

Sepeda motor CBR tipe ini dilengkapi dengan DOHC 4-katup, silinder tunggal 150cc, air cooled, slot penutup kunci yang akan melindungi motor kesayangan Anda dari pencurian, rek cakram depan belakang, dan shockbreker yang terletak di belakang.

3. Honda CBR 250R
Sepeda motor CBR tipe ini sebenarnya sudah diproduksi oleh Honda sejak 1986 lalu. Diciptakan di Thailand dan dipasarkan di berbagai negara. Motor CBR tipe ini masih dilengkapi dengan empat silinder dan mesin empat stroke. Motor CBR 250R mengalami perubahan dari tahun ke tahun.

4. Honda CBR 400
Honda CBR 400 pertama kali dimunculkan pada 1983 lalu. Perubahan demi perubahan juga dialami oleh sepeda motor body besar ini. Jika anda pernah melihat sepeda motor CBR tipe ini, Anda pasti akan terkagum-kagum dengan bentuknya yang cukup besar. Lengkap dengan tangki yang berada di depan.

5. Honda CBR 400RR
Motor CBR ini awalnya hanya diproduksi di pasar lokal Jepang pada 1988 lalu. Bentuk tubuh atau body dari motor ini bulat, besar dan gagah. Motor ini dilengkapi dengan mesin 400 cc dan mampu mencapai kecepatan maksimal hingga 180km/jam.

6. Honda CBR 600RR
Sepeda motor CBR tipe ini pertama kali dihadirkan pada 2003 lalu. Motor ini merupakan “salinan” dari motornya terdahulu, Honda Seri CBRFx. Dengan body tampilan yang cukup besar, Honda CBR 600RR juga memiliki berat yang cukup lumayan. Meskipun demikian, CBR tipe ini memenangkan hampir semua kejuaraan Supercport World Championship dari 2002 hingga 2008.

7. Honda CBR 1000RR
Motor CBR tipe ini dikenal juga dengan istilah fireblade. Mesin yang dimiliki sebesar 999cc. Memiliki liquid cooled inline dan diperkenalkan pada masyarakat luas sekitar 2004. Kehadiran Honda CBR 1000RR ini menggantikan ditariknya Honda CBR 954RR.

Tags:,