Blue Core motor Yamaha NMAX

Yamaha NMAX yang telah dihargai dengan nilai puluhan juta bukan hanya memberikan harga yang lebih murah dibandingkan Honda PCX, namun juga terdapat serangkaian teknologi sebagai renkarnasi dari filosofi “Blue Core”.

“Blue Core” pada dasarnya adalah pakem bagi Yamaha, pun di Indonesia, dalam memproduksi sepeda motor di bagian bodi sepeda motor, mesin dan lainnya. Yamaha mengatakan bahwa “Blue Core” merupakan titik paling tinggi dalam penyempurnaan sepeda motor Yamaha NMAX. NMAX serta Blue Core sendiri telah menyentuh pembakaran secara optimal, pendinginan yang lebih maksimal, dan sangat minim gesekan.

Hal yang pertama adalah pembakaran secara optimal yang didukung oleh Air Cleaner. Dari sana, volume udara dapat menghasilkan efisiensi pembakaran di setipa kondisi. Yamaha sendiri juga memaksimalkan sistem setting Fuel Injection lewat sistem pemetaan 3D dalam mengontrol volume bahan bakar serta timing perapian dari RPM dan buka-an gas

Sekilas tentang Blue Core motor Yamaha NMAX
Yang kedua adalah bentuk serta layout dari valve yang lebih optimal. Di sini, kontrol udara jadi lebih efektif berdesain ruang bakar yang lebih kompak. Ketiga adalah adanya efek tumble, yaitu untuk mengoptimalkan efek tumble ketika menghasilkan campuran bahan bakar serta udara yang sempurna.

READ  Indonesia Bersiap Untuk Standar Euro 3

Keempat adalah ruang bakar yang lebih kompak. Desain bentuk dari port serta ruang bakar yang lebih optimal menjamin system pembakaran yang sempurna. Kelima adalah adanya VVA atau biasa disebut Variable Valves Actuation.

Selain itu, di bagian pendinginan yang maksimal menggunakan radiator dalam bentuk yang kompak dan menunjang pendinginan VVA secara maksimal. Yamaha juga telah memasangkan by-pass thermostat yang mampu membuat warming up lebih singkat (hemat bahan bakar)

Keenam adalah adanya sistem DiAsyl Cylinder & Forged Piston yang dapa melepas panas lebih cepat dari biasanya. DiAsyl Cylinder & Forged Piston ini juga mempunyai bahan ringan namun kuat. Minimnya gesekan pun didukung oleh hadirnya roller rocket arm yang juga bisa memaksimalkan tenaga mesin.

Teknologi ketujuh dapat dilihat dari munculnya compact AC magneto yang diklaim penghasil daya efisien, namun dengan bentuk yang tak memberatkan mesin.