Berburu Kredit Motor Murah

Untuk memiliki sebuah sepeda motor baru, tidak semua orang dapat membelinya secara tunai. Selain harga motor terus naik, tentu tak mudah mengumpulkan uang cukup banyak untuk membeli motor baru secara tunai.

Karena itu salah satu cara yang umumnya dilakukan orang adalah dengan membeli dengan cara kredit. Untuk mencari kredit motor murah, orang pun membandingkannya dengan besarnya bunga maupun cicilan dari berbagai lembaga pembiayaan lainnya.

Iming-Iming Hadiah

Secara prinsip, besarnya tarif bunga maupun besarnya cicilan perbulan yang ditetapkan oleh para lembaga pembiayaan tak jauh berbeda alias sama saja. Kalaupun besarnya bunga terkesan berbeda namun cicilannya biasanya yang lebih besar.

Atau sebaliknya, cicilan lebih kecil, namun uang muka lebih besar atau masa kreditnya lebih lama. Intinya, perbedaan layanan kredit antar lembaga pembiayaan tak terlalu berbeda secara signifikan.

Pembeda yang mungkin terlihat, kalau kita ingin membandingkan, lebih pada hadiah tambahan yang diberikan. Bentuk iming-iming ini mungkin saja hasil kerja sama lembaga pembiayaan dengan toko sepeda motor. Ini tentu saja merupakan trik marketing akibat persaingan yang makin ketat dalam penjualan sepeda motor.

READ  Harga Kredit Motor Honda Dealer Resmi

Hadiah yang biasanya diberikan biasanya berupa handphone atau peralatan elektronik lainnya. Itupun umumnya hanya dilakukan pada momentum atau waktu-waktu tertentu saja dan tidak selalu ada setiap saat.

Berburu Iklan

Namun bila Anda ingin membeli kredit motor murah ada cara yang bisa Anda dilakukan. Yaitu, cari saja orang yang akan menjual motornya secara over kredit.

Pemilik motor ini, karena kebutuhan yang mendesak dan memerlukan uang, biasanya menjual motornya meski waktu kreditnya belum selesai. Berikut tips agar Anda yang dapat membelinya dengan harga lebih murah.

  1. Cari orang yang akan menjual motornya secara over kredit. Mereka umumnya menawarkannya melalui iklan baris di koran lokal, lewat siaran iklan di radio, ataupun melalui informasi teman.
  2. Setelah dapat, cek dan pastikan kondisi motornya masih bagus. Kalau ada cacat atau kekurangan, itu menjadi poin bagi Anda yang akan membelinya untuk lebih menekan harga motor.
  3. Tanyakan tentang besarnya cicilan perbulanannya dan sisa waktu kredit yang belum dilunasi, dan hitung jumlah totalnya. Total kredit yang belum lunas ini dapat menjadi patokan untuk menentukan harga jual motor tersebut.
  4. Bandingkan dengan harga motor di pasaran. Sebagai gambaran, bila harga pasaran motor yang akan Anda beli adalah Rp 6,5 juta, sedangkan sisa kredit yang belum lunas sekitar Rp 5 juta, maka Anda tinggal membayar kekurangannya sebesar Rp 1,5 juta. Inilah uang tunai yang harus Anda bayarkan pada pemilik motor, sedangkan sisa kredit akan beralih menjadi tanggungjawab Anda.
  5. Selama masa kredit belum lunas, Anda tidak perlu mengalihnamakan kepemilikan motor. Minta ijin pemilik lama untuk tetap menggunakan namanya. Sebab apabila dialihnamakan, akan tambah ribet karena akan dilakukan survei oleh pihak lembaga pembiayaan.
READ  Konsumsi BBM Honda Revo 62,2 km/liter

Lantas apa keuntungan Anda ? Anda dapat membeli motor, meskipun second atau bekas, namun membayarnya secara kredit atau cicilan. Padahal harga yang ditentukan adalah harga pasaran motor dengan pola pembayaran tunai. Inilah keuntungan yang Anda peroleh dengan cara membeli kredit motor murah.