4+ Hal yang Harus Diperhatikan Agar Garansi Motor Tidak Hangus

Bagi para pemilik motor, memahami dengan baik aturan main garansi menjadi suatu hal paling penting yang wajib untuk diperhatikan. Bukan hanya soal biaya perbaikan yang akan menjadi gratis saat motor mengalami kerusakan, dimana hal itu memang sudah menjadi hak dari si pemilik motor.

Melainkan garansi juga berperan penting untuk melindungi motor dari adanya resiko kerusakan fatal yang mungkin terjadi akibat kesalahan pabrikan. Lalu, hal seperti apa saja yang dapat membatalkan perjanjian garansi atas sepeda motor?

Untuk motor Honda, disetiap pembelian suatu motor, konsumen akan memperoleh garansi injeksi selama 5 tahun dengan estimasi penggunaan 50.000 km, garansi mesin 30.000 km atau sekitar 3 tahun, juga garansi rangka dan kelistrikan yang akan berlaku selama 1 tahun atau 10.000 km. antara jangka waktu atau jarak penggunaannya, dihitung dari mana dulu yang tercapai lebih dulu.

 

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Garansi Tidak Hangus

Perlu diingat, tidak semua jaminan garansi itu bisa diklaim. Akan ada beberapa faktor yang menyebabkan suatu garansi menjadi hangus. Informasi lebih detailnya adalah sebagai berikut.

  1. Buku servis dan garansi hilang atau rusak
See also  Benelli Tornado Tre 900 Indonesia

Sesaat sebelum Anda mengajukan klaim garansi atas motor yang dimiliki, satu hal yang akan ditanyakan pertama kali oleh pihak AHASS ialah ketersediaan buku garansi dan servis. Apabila buku tersebut rusak atau hilang, maka Anda tidak akan memperoleh garansi dikarenakan pihak AHASS tidak bisa melakukan prosedur klaim.

Oleh karena itu, ada baiknya bagi Anad untuk menyimpan buku service dan garansi di tempat yang mudah diingat dan cukup aman. Pastikan juga untuk mendapatkan buku service dari dealer tempat Anda membeli motor Honda sebelumnya.

 

  1. Melakukan perawatan sesuai aturan yang ditetapkan

Apabila Anda tidak menservis motor secara rutin sebagaimana ketentuan yang diberlakukan pada buku service, maka garansi akan hangus dan Anda tidak akan bisa mengajukan klaim saat motor mengalami kerusakan. Ini dilakukan pihak AHASS untuk menghindari akan adanya tindak penipuan dari konsumennya yang mengaku motornya rusak akibat kesalahan pabrikan, padahal itu kecerobohan dari konsumen itu sendiri.

 

  1. Terdapat kerusakan akibat perawatan di luar bengkel resmi
See also  Spesifikasi dan Harga Yamaha Byson

Saat hendak melakukan servis, sebaiknya Anda hanya melakukannya pada bengkel resmi yang sudah ditunjuk oleh Honda. Salah satu bengkel resmi yang bisa digunakan adalah http://www.nambomotor.com/

Apabila Anda melakukan servis di luar bengkel resmi, dan jika kebetulan terjadi kerusakan pada motor, maka klaim garansi tidak akan bisa diterima.

 

  1. Kerusakan Dalam Penggunaan

Kerusakan dalam penggunaan juga bisa menjadi penyebab dari hangusnya garansi motor Honda. Adapun beberapa hal yang termasuk kedalam poin ini adalah:

  • Menggunakan minyak pelumas atau bahan bakar yang tidak sesuai dengan rekomendasi yang tercantum pada buku pedoman pemilik motor.
  • Terjatuh atau mengalami tabrakan saat penggunaan.
  • Motor Honda dipakai untuk kegiatan balapan motor atau perlombaan sejenis.
  • Memodifikasi motor dengan komponen yang bukan rekomendasi dari Honda. Seperti pemasangan aksesoris dan juga penggunaan suku cadang lain selain HGP atau Honda Genuine Parts.
  • Menggunakan sepeda motor secara tidak sewajarnya atau tidak sesuai dengan petunjuk penggunaan pada buku pedoman pemilik.

 

  1. Modifikasi pada bagian kelistrikan motor Honda anda
See also  Sejarah Dan Cara Modifikasi RX King

Terdapat banyak kasus dimana terjadi kerusakan pada motor Honda yang diakibatkan oleh adanya modifikasi pada bagian kelistrikan motornya. Biasanya, modifikasi ini dilakukan untuk memasang alarm motor ataupun lampu yang berbeda dari standar yang ditentukan oleh produsen. Apabila Anda melakukan kegiatan modifikasi seperti ini, maka berhati-hatilah karena garansi motor jelas akan hangus.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan garansi motor menjadi hangus. Jika tidak ingin motor kehilangan penjaminnya, maka sebaiknya hal-hal di atas dihindari.